oleh

93 Peserta Seleksi Penerimaan Polri TA 2024 di Polres Morut, Dinyatakan Lulus Rikmin Awal

Morut-Penerimaan anggota Polri Tahun Anggaran (TA ) 2024 di wilayah hukum Polres Morowali Utara ( Morut) telah berakhir.

Sebanyak 93 orang peserta dinyatakan lulus Pemeriksaan Administrasi Awal (Rikmin awal).

Kapolres Morut, melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Morut, Kompol Dharmawaty, jumat (26/04/2024), menjelaskan, animo penerimaan anggota Polri di tahun ini mencapai 112 orang, dengan data yang berhasil diverifikasi sebanyak 102 orang, dan dari Rikmin awal 93 orang dinyatakan lulus.

Mantan Kabag Ops Polres Morut, mengatakan, 93 orang yang dinyatakan memenuhi syarat pada Rikmin awal di Polres Morut itu, akan mengikuti tahapan selanjutnya di Polda Sulteng nantinya.

“Yang lulus Rikmin awal, laki-laki 84 orang dan perempuan 9 orang. Dengan rincian, Taruna Akpol 2 orang, Bintara Polri 84 orang, terbagi menjadi Bintara Polisi tugas umum 83 orang dan Bintara kompetensi khusus hukum 1 orang, serta Tamtama Polri 7 orang, ” katanya.

Bagi yang gugur dan tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya, terkendala karena tinggi badan yang tidak memenuhi syarat, telah ditentukan 8 orang dan 1 orang lagi tidak hadir saat pemeriksaan administrasi, karena berkasnya tidak masuk.

Kata dia, pihak panitia sebelumnya sudah berusaha menghubungi yang bersangkutan, namun tidak ada konfirmasi balik.

Pada tahap pendaftaran hingga pemeriksaan administrasi penerimaan anggota Polri TA 2024 ini, Polres Morut bekerja sama dengan Pihak Disdukcapil Morut, Disdikbud, LSM, Sidokkes Polres Morut, dan pengawas internal Polri, Sipropam dan Siwas.

Kompol Dharmawaty, menegaskan, penerimaan anggota Polri sama sekali tidak di pungut biaya alias gratis.

“Dalam penerimaan Anggota Polri, sama sekali tidak ada pungutan biaya. Kami pastikan penerimaan anggota Polri, khususnya di Polres Morut bersih dan transparan, ” tegasnya.

Tidak hanya itu, Polres Morut juga memberikan bimbingan serta pembekalan terhadap para calon-calon anggota Polri yang ada, dengan tujuan agar bisa melatih semangat, mental, dan memberi pendidikan dasar atau pra test kepada para pemuda dan pemudi terbaik di Kabupaten Morut, sehingga mereka tidak menemui kendala pada saat mengikuti test tahap selanjutnya di Polda Sulteng nantinya.

“Pelatihan ini sama dengan yang di ikuti oleh peserta calon anggota Polisi saat mengikuti tes. Pihak Kepolisian melatih semua keperluan peserta baik kesehatan, fisik, maupun pengetahuan menjawab pertanyaan dan soal sebagaimana test anggota Polri umumnya, ” ujarnya.

“Semoga pemuda pemudi terbaik di Morut bisa mengikuti pentahapan test nantinya, dan dapat diterima menjadi anggota Polri, kemudian kembali mengabdi di Kesatuan Polres Morut kedepannya,”tukasnya. (Hms Polres/NAL)