oleh

Kanwil DJPB Sulut Beri Penghargaan Treasury Award 2024 ke Pemda Dengan Pengelolaan Keuangan Terbaik

-Berita, Sulut-1060 Dilihat

Sulut -Kepala kantor wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara (Kanwil DJPB Sulut) Ratih Hapsari Kusumawardani memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah, yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, dalam ajang Treasury Award 2024, bertempat di Gedung Keuangan Negara Manado, Selasa (30/01/2024).

Penerima penghargaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Permerintah Kota (Pemkot) di Sulut yakni Pemkot Manado, Pemkot Tomohon, Pemkot Bitung, Pemkot Kota Kotamobagu, Pemkab Bolmong, Pemkab Boltim, Pemkab Bolsel, Pemkab Bolmut, Pemkab Minut, Pemkab Minahasa, Pemkab Sangihe, dan Pemkab Sitaro.

Penghargaan Kepada Pemprov Sulut diterima Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs.Steven OE Kandouw dari Kakanwil DJPB Ratih Hapsari Kusumawardani. Dan selanjutnya Wagub menyerahkan penghargaan Kepada perwakilan pemerintah Kota dan Kabupaten.

Adapun jenis penghargaan yang diberikan antara lain untuk kinerja pengelolaan DAK fisik terbaik; pengelolaan dana desa terbaik; peraih WTP LHP BPK atas LKPD 10 kali berturut-turut, dan pengelolaan data calon debitur potensial terbaik.

Tiga penghargaan yang disabet Pemprov Sulut adalah Pengelola DAK Fisik Terbaik Tahun 2023 (peringkat pertama), Peraih Opini BPK WTP atas LKPD 10 kali berturut-turut, serta Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 dalam mendukung Pertumbuhan Ekonomi.

Treasury Award juga diberikan kepada mitra kerja strategis Ditjen Perbendaharaan, yaitu Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Badan Pusat Statistik, dan Sekretariat Daerah Sulut.

“Award kepada pemerintah daerah peraih award dan mitra strategis sebagai wujud apresiasi atas kinerja baiknya di sepanjang tahun 2023,” kata Kakanwil DJPB.

Ia mengatakan, award ini diharapkan dapat menjadi bekal yang memotivasi dan sebagai wujud komitmen bersama untuk mengawal pelaksanaan keuangan negara khususnya dalam ruang lingkup APBD di Sulawesi Utara.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, dalam sambutannya menyampaikan selamat dan terima kasih kepada pemerintah kabupaten dan kota dan mitra kerja penerima penghargaan, yang telah memberikan kinerja terbaik selama tahun 2023.

“Apresiasi kepada Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan yang positif karena sudah mengapresiasi Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan dana transfer ke daerah,”ucap Wagub Kandouw.

Dirinya berharap, penghargaan ini dapat memotivasi pemerintah daerah lain, sehingga kinerja pengelolaan keuangan di semua Pemda dapat ditingkatkan di tahun 2024. (*/Mal)