oleh

Manfaatkan Dandes dan ADD, Kampung Batubulan Bangun Infrastruktur dan Kegiatan Kemasyarakatan

Sitaro-Kampung Batubulan, merupakan Kampung diantara wilayah Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Sitaro. Kampung Batubulan di huni oleh penduduk 466 jiwa dan tersebar di tiga lindongan.

Kampung Batubulan sejak tahun 2015 menerima  dana desa dan alokasi dana desa. Dan untuk tahun 2023 ini Kampung Batubulan mendapat  kucuran dana sebesar Rp.1,2 milyar.

Adapun Dandes maupun ADD di gunakan untuk membiayai kegiatan Pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan. Sejumlah kegiatan pun di laksanakan Selang 2023 ini diantaranya, Pembangunan jalan tangga pertanian sepanjang 31 meter. Bantuan rumah tinggal tidak layak huni sebanyak 9 unit,(RTLH) Bantuan Pembiayaan iuran BPJS Ketenagakerja sebanyak 200 orang, serta  pengadaan mesin katinting 3 unit di peruntukan  bagi masyarakat berprofesi Nelayan.

Selain sejumlah kegiatan di atas juga ada kegiatan lainnya, seperti kegiatan Posyandu bagi ibu hamil, kegiatan bantuan bagi Pendidikan dan kegiatan lainnya.

Kapitalau Kampung Batubulan Naftali Hengki Bagania, menyampaikan selang kepemimpinan kami pada periode ini banyak kegiatan Pembangunan maupun pemerintahan sudah kami lakukan lewat dana desa maupun Alokasi dana desa.

“Masyarakat Batubulan sangat terbantu dengan adanya Dandes dan ADD ini, sehingga di harapkan anggaran  ini tetap di pertahankan dan malah kalau boleh di tingkatkan besarannya,” Tandas Bagania.

Diketahui, Kampung Batubulan Kecamatan Siau Barat Utara, merupakan wilayah zona rawan bencana perlu adanya persiapan dana cadangan dari keuangan Kampung, karena mengingat sewaktu waktu bahaya gunung Karangetang, gunung paling  aktif semburan lahar panas dan dingin. (heri)