oleh

Gunakan Dandes, Infrastruktur Jadi Prioritas Pembangunan di Kampung Makalehi Utara

Sitaro– Setiap tahun sejak 2015, desa-desa di Indonesia memperoleh bantuan dana desa dari APBN, termasuk Kampung Makalehi Utara, di Kecamatan Siau Barat kabupaten Sitaro.

Untuk tahun 2023 ini, Kampung Makalehi Utara mendapat kucuran anggaran Dandes sebesar Rp.1 miliyar lebih.  Dana Desa ini di manfaatkan sesuai dengan kebutuhan mulai dari pembangunan infrastruktur, penanganan  kemiskinan hingga pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Adapun penggunaan anggaran ini di prioritaskan pada paket program padat karya pembuatan jalan rabat betonisasi,jalan pertanian sepajang 100 meter di ujung utara lindongan tiga kampung, di mana sistim  pekerjaannya melibatkan seluruh tenaga kerja laki-laki dan perempuan bekerja bersama terlibat dalam pembangunan ini.” Ujar Kapitalau Kampung Makalehi Utara Mont Kalebos, pada media ini, Senin (30/10/2023).

Selain itu kata Kalebos, kegiatan pembangunan ada program pembiayaan untuk kesehatan, misalnya  kegiatan posyandu , dan program stunting bidang pendidikan dan dan pembinaan kader kesehatan.

Dirinya berharap, pemerintah pusat maupun daerah agar Kampung Makalehi Utara di tambah besaran dana desa, maupun Alokasi dana desa. “Keinginan ini sangat berdasar,karena Kampung Makalehi Utara ini sangat membutuhkan penambahan dana untuk membiayai kegiatan pemerintahan termasuk urusan kordinasi dan konsultasi ke tingkat kecamatan dan kabupaten berada pada pulau terluar dan biaya perdisnya sangat kecil tidak berimbang,  Transportasi yang mahal. biayanya,” keluh Kalebos.

Diketahui, Kampung Makalehi Utara adalah kampung yang berada di ujung utara pulau terluar  Makalehi, desa diantara dua desa hasil pemekaran tahun 2012 desa yang pembagian luas  wilayah dari induk sebesar 95 KM yang di huni 402  jiwa tersebar tiga lindongan. (heri)