oleh

Wali Kota Bitung Promosikan FPSL 2023 di The Weekly Brief With Sandi Uno (WBSU)

Bitung, Redaksisulut – Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM promosikan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2023 di hadapan Menparekraf Republik Indonesia Sandiaga Uno, dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno (WBSU), di sesi Talkshow II. Senin, (2/10/2023).

Dalam kegiatan mengangkat topik, Dukung Kemenparekraf untuk FPSL di gedung Sapta Pesona Kementrian Parekraf dan Ekonomi Kreatif Jakarta.

Dalam kesempatan, Sandiaga Uno melontarkan sejumlah pertanyaan ke Wali Kota dan Kadis Pariwisata Bitung, Pingkan Kapoh.

“Apa yang menjadi tujuan atau sasaran FPSL 2023 kali ini?,” Tanya Sandiaga.

Menanggapi hali ini, Wali Kota Bitung menyampaikan bahwa dalam eventkali ini ada beberapa tambahan seperti, Bitung Digital Nomad Villagge (BDNV) di kampung wisata Batuputih Kecamatan Ranowulu Bitung.

“Disana, ada ratusan pengembara digital disuguhkan dengan cagar alam, eksplore kampung wisata menjadi tempatnya para nomad”. Katanya.

Lalu ada Lembeh Strait Internasional Bitung Choir Festival (LSIBCF) dan kedatangan kapal pesiar ketiga selang tahun 2023 pada tanggal 8 Oktober 2023.

“Nah, kedatangan kapal pesiar ke Bitung efeknya miliaran rupiah di rasakan masyarakat. Dan adanya stimulun dari Pemerintah Daerah”. Kata Maurits.

Lanjutnya bahwa, untuk Perbedaan pelaksanaan FPSL 2022 dengan tahun ini, ada pada lokasi pelaksanaan tak hanya berpusat di satu tempat.

Tahun ini, berlangsung di empat titik dimana pada puncaknya tanggal 10 Oktober 2023 dimeriahkan dengan performance dari grup band Tipe-X dan master of ceremony (MC) Cak Lontong.

Dalam The Weekly Brief With Sandi Uno (WBSU), di sesi Talkshow II Mas Menteri sapaan Sandiaga Uno menanyakan terkait keterlibatan pelaku UMKM.

Hal ini langsung ditanggapi Kepala Dinas Pariwisata Bitung, Pingkan Kapoh, bahwa ada ratusan UMKM yang terlibat pada FPSL 2023 dimana dari tahun sebelumnya, hanya sekitar 75 UMKM.

“Saat ini sudah bertambah apalagi Kan tahun ini, Kota Bitung berhasil menyandang predikat Kota Kreatif Kuliner”. Ungkap Pingkan Kapoh.

Dalam talkshow II juga dihadiri Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara kegiata (Event), Vinsensius Jemadu. (Wesly)