oleh

Wakili Bupati Minahasa, Maringka Buka Rakor Lintas Sektor dan Lintas Program Persiapan Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

Minahasa-Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Drs Riviva Maringka,menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor dan Lintas Program Persiapan Pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang di laksanakan Dinas Kesehatan, Selasa (14/5/2024).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Drs. Riviva Maringka M.Si, hadir dan membuka secara langsung rakor sekaligus memberikan arahan secara daring maupun luring dengan peserta terdiri dari seluruh puskesmas di Minahasa (daring) dan Puskesmas Kombi (luring).

dr. Olviane Rattu selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, menyampaikan bahwa rakor ini adalah bagian dari impelementasi transformasi layanan kesehatan primer.

“Transformasi layanan kesehatan primer merupakan bagian dari enam pilar yang dicetuskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bertujuan menata kembali pelayanan kesehatan primer,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang lengkap dan berkualitas kepada masyarakat Indonesia.

“Setelah giat rakor ini akan ada sosialisasi dan pelatihan bagi seluruh nakes dan kader posyandu, dan diharapkan kegiatan ini dapat memberi wawasan dan pengetahuan kepada seluruh tenaga kesehatan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan,” pungkas Kadis Rattu.

Untuk diketahui rapat koordinasi Ini melibatkan puskesmas, puskesmas pembantu, dan pos pelayanan terpadu (Posyandu). (Ronny).