oleh

Wakalemdiklat Polri Dorong Peran Bhabinkamtibmas di Era Citizen Journalism

Jakarta-Peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pembinaan dan pelayanan masyarakat di Indonesia cukup memberi kontribusi besar atas tetap terjaganya citra positif Kepolisian Republik Indonesia. Sayangnya peran penting anggota Bhabinkamtibmas ini belum pararel dengan jaminan kesejahteraannya.

Kondisi dan kinerja para anggota Bhabinkamtibmas ini menuai simpati dan perhatian serius Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mabes Polri Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si. Mantan Kapolda Sulawesi Barat. Irjen Eko pun menginisiasi pelaksanaan kegiatan: Asistensi Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas di Era Citizen Journalism bekerjasama dengan Dit Binmas Polda Jawa Barat.

Irjen Eko memamparkan materi tentang Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga di depan 100 lebih anggota Bhabinkamtibmas yang berasal dari 5 Polres di Jawa Barat (Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Garut).

“Kami membuat program pelatihan citizen journalism dengan melatih anggota Bhabinkamtibmas bagaimana mempromosikan diri dan kegiatannya atau menulis informasi tentang kegiatan di desa atau kelurahan untuk kepentingan di wilayah kerjanya,” terang Irjen Eko saat pemaparan di Ruang Aula Polresta Cirebon baru-baru ini.

Dalam pemaparannya, Irjen Eko juga mengatakan, implementasi citizen journalism melalui kegiatan pengumpulan informasi masyarakat, penyampaian informasi berupa dokumentasi video dan foto yang tak jauh berbeda dengan jurnalis profesional.

“Kenapa melalui media Guetilang, karena kami mencoba memotret peran Bhabinkamtibmas terkait apa kejadian di masyarakat,” kata Irjen Eko menjelaskan.

Selain itu, lanjut Irjen Eko, selain memanfaatkan media Guetilang, Ia juga telah memanfaatkan Warkop Digital melalui mitra yang ahli di bidang IT dengan tujuan memberi peluang usaha bagi para anggota atau keluarga anggota Bhabinkamtibmas.

Melalui Warkop Digital ini, kata Eko, ada banyak varian usaha, salah satunya adalah agen pengalur Pekerja Migran melalui perusahaan yang resmi. “Ini menjadi salah satu cara untuk mencegah penipuan calon pekerja migran oleh perusahaan abal-abal dan ilegal. Selain itu di Warkop Digital ini bisa menjadi tempat anggota masyarakat berdiskusi dengan Bhabinkamtibmas. Bisnis lainnya di Warkop Digital adalah pembayaran menggunakan qris, pembelian pulsa, agen travel, dan masih banyak lagi,” urainya.

“Bisa dibayangkan pekerjaan menumpuk tapi penerimaan minim bagi anggota Bhabinkamtibmas. Makanya saya memikirkan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota polisi khususnya Bhabinkamtibmas. Saya ingin meninggalkan sesuatu yang baik bagi Polisi menjelang pensiun,” ungkap Eko.

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni mengatakan, saat ini di Polresta Cirebon sudah seluruh kecamatan terdapat Bhabinkamtibmas dengan jumlah anggota sebanyak 361 dari total jumlah 363 desa.

“Luar biasa kinerja dan perannya (anggota Bhabinkamtibmas) di masyarakat. Kami selalu memotovasi mereka jika negara belum memberikan kesejahteraan maka yakinlah Allah yang Maha Kuasa akan membayar kepada para anggota,” imbuh Kapolresta Sumarni.

Di sela kegiatan ini, Irjen Eko mendaulat salah satu anggota Polri dari Polres Sukabumi Kota Aipda Darsono untuk memberikan testimoni selaku kontributor media Guetilang yang aktif menulis artikel terkait kegiatan dan peran Polri di masyarakat.

Di depan rekan-rekan Bhabinkamtibmas, Aipda Darsono menceritakan pengalamannya menjadi kontributor Guetilang dimana karya jurnalistiknya tentang hal positif yang dilakukan Bhabinkamtibmas dan fungsi Polri lainnya bisa dipublikasi dan dibaca orang di seluruh Indonesia.

“Di grup usaha jaringan Guetilang ini juga ada peluang usaha yang ditawarkan kepada anggota atau masyarakat yang mau membuka usaha Warkop Digital, ditempat saya dikelola oleh istri saya. Selain itu bisa jadi penyalur pekerja migran melalui perusahaan legal dan ada komisi besar jika bisa menjadi agen perekrut. Ini sangat membantu bagi peningkatan ekonomi keluarganya,” ujar Darsono yang disambut hangat rekan-rekannya sesama anggota polisi yang menjadi peserta seminar.

Usai kegiatan, Ketum DPP APTIKNAS Ir. Soegiharto Santoso, SH yang juga turut hadir mengatakan pihaknya sangat mendukung upaya Wakalemdiklat Polri Irjen Eko membuat program peningkatan peran Bhabinkamtibmas di era citizen journalism. “Semoga peran Bhabinkamtibmas menjadi kontributor di media Guetilang bermanfaat bagi masyarakat dan usaha Warkop Digital dapat dimanfaatkan anggota dan keluarga Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujar Hoky sapaan akrabnya.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Kasubbag Sisjemen Bagren Lemdiklat Polri AKBP Dr. Andi Sinjaya Ghalib, SH., SIK., MH., Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Jabar AKBP Wawan Hermansyah, S.Sos., M.Si, Ketua KPTIK Ir. Dedi Yudiant, MBA, Ketum SPRI dan Pimred Guetilang Hence Mandagi, serta Direktur Guetilang Cepu Suprianto. (*)