oleh

Wabup Yasin Mangun Pimpin Rakor Sinkronisasi RAN P4GN Bersama BNN Poso

POSO – Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun S.Sos di dampingi Kepala BNN Kabupaten Poso AKBP Kahar Muzakkir memimpin rapat koordinasi sinkronisasi RAN P4GN Kerja sama antara pemerintah deaerah kabupaten Poso bersama BNN Kabupaten Poso. Bertempat di ruang Pogombo kantor Bupati Poso, Rabu (23/02/2022).

Dalam rapat tersebut di hadiri oleh yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Poso, mewakili kepala kantor kementrian Agama Poso, beberapa kepala OPD yaitu kepala dinas Nakertrans, dinas Sosial, dinas Pariwisata, dinas Pemuda dan Olah Raga, dan mewakili dinas Kesehatan, serta beberapa staf dari kantor BNN Kabupaten Poso.

Pada kesempatan tersebut Kepala BNN Kabupaten Poso, AKBP Kahar Muzakkir dalam pemaparannya menyampaikan Aksi Genik RAN P4GN 2020-2024 merupakan penyediaan dan penyebaran informasi tentang pencegahan bahaya Narkotika dan prekursor Narkotika kepada para pejabat Negara, ASN, TNI, Polri, dan masyarakat.

Pengembangan topik anti Narkotika dan Prekursor Narkotika kedalam salah satu materi pada seluruh lembaga pendidikan dan pelatihan pegawai ASN dan pendidikan kedinasan.

Lanjutnya, adanya Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 menimbulkan pengaruh pada hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk Nasional Kebijakan Refocusing dan realokasi anggaran belanja kementrian/ lembaga/pemerintah daerah untuk pelayanan Covid-19 dan dukungan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) menyebabkan anggaran untuk mendukung program P4GN mengalami penyesuaian sehingga mempengaruhi target rencana Aksi Nasional.

“Dari pemaparan ini sebagai rekomendasi, melakukan sosialisi yang lebih optimal dan mampu meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan terkait rencana Aksi Nasional, kemudian meningkatkan koordinasi monitoring dan sinergitas program kerja lintas bidang dalam rangka untuk mendukung program P4GN baik yang sifatnya Demand Reduction maupun Supply Reduction.” Jelasnya.

Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun S Sos, selaku pemerintah Daerah dalam mengantisipasi maraknya peredaran Gelap Narkotika di daerah ini di butuhkan kerja sama yang baik dari segala lintas sektor,

Wabup juga berharap agar mampu memberikan solusi pencegahan terhadap maraknya peredaran Narkotika di Sulawesi Tengah khususnya di kabupaten Poso.

“Terima kasih atas dukungan penuh dan upaya BNN kabupaten Poso dalam melaksanakan pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkotika, meningkatkan pengetahuan, pemeliharaan ketrampilan dan kesadaran untuk menoleh bahaya dari penyalahgunaan Narkotika,” Ucap Wabup Poso. (*John)