oleh

Wabup Suharsi Igirisa Apresiasi BPS Pohuwato Gelar Sosialisasi SP 2020 Lanjutan

Wabup Suharsi Igirisa bersama Kepala BPS Pohuwato (Foto Ist.)

Pohuwato – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk 2020, hal itu berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik dan peraturan pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik, serta rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan tahun 2020.

Sensus Penduduk 2020 lanjutan tersebut merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data dan informasi kependudukan Indonesia, serta menjadi dasar bagi pemerintah dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan.

Dalam rangka mendukung hal tersebut serta mendorong partisipasi aktif Aparatur Sipil Negara (ASN), BPS Kabupaten Pohuwato menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan ke OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan yang berlangsung di Marina Beach Resort (MBR), Marisa, dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Kepala BPS Kabupaten Pohuwato, Ir Husain Duhengo, Kadis Kominfo-SP, Kadir Amran, Kadus Nakertrans, Nizma Sanad, perwakilan OPD di lingkup pemerintah kabupaten pohuwato serta para camat se-kabupaten Pohuwato, Selasa (31/05/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan apresiasi kepada BPS atas pelaksanaan kegiatan sensus penduduk 2020 lanjutan ini. Menurutnya, hal ini sangat penting karena data merupakan kunci kesuksesan sensus penduduk 2020 dalam memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.

“Kalau ada data yang tidak akurat, tentu juga pengambilan keputusannya tidak akurat, sehingga hasil sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan kedepan”, ungkap Wabup.

Selain itu, Wabup Suharsi juga menekankan pentingnya pemahaman tentang data untuk semua orang. Oleh karena itu, kata Suharsi, pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama kepada aparat pemerintah sampai dengan wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Jika perlu kita sosialisasikan bersama, karena ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Olehnya mari kita dukung bersama termasuk pemerintah kecamatan, desa dan juga kepada pimpinan-pimpinan OPD untuk pelaksanaan sosialisasi ini”, pinta Wabup Suharsi.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala BPS Kabupaten Pohuwato, Husain Duhengo berharap melalui sosialisasi tersebut dapat menghasilkan data statistik yang berkualitas, termasuk data statistik sektoral yang dikelola oleh OPD lingkungan pemerintah kabupaten Pohuwato.

“Ketika data yang dikelola oleh bapak-ibu itu bagus, maka itu peran kami sebagai pembina statistik sektoral itu sudah kami tunaikan walaupun belum paripurna. Tetapi manakala data yang ada di bapak-ibu itu kualitasnya masih belum bagus, itu mengandung tanggung jawab BPS sebagai lembaga pembinanya. Oleh karena itu, agar supaya statistik sektoral yang dikelola oleh bapak-ibu di OPD ini berangsur-angsur menjadi lebih baik”, pungkasnya.

Pada sosialisasi itu, Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif, S.Si menyerahkan piagam penghargaan Atas Dukungan dan Kerjasama Dalam Kegiatan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Yang Diselenggarakan BPS Kabupaten Pohuwato kepada pemkab Pohuwato yang diterima Wakil Bupati Suharsi Igirisa. (*)