oleh

Wabup Djira : Mengurus Sampah Adalah Tugas Mulia

Morut- Wakil Bupati (Wabup) Morowali Utara (Morut), H Djira K SPd MPd, meresmikan pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) di Desa Ganda-Ganda Kecamatan Petasia, Kabupaten Morut, Rabu (21/02/2024).

TPS3R tersebut dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Provinsi Sulteng, sebagai instalasi pengolahan sampah untuk mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang (3R) sampah yang pertama di bumi tepo asa aroa tercinta.

Instalasi ini berupa sebuah bangunan dengan peralatan pengolahan sampah, yang mampu mengolah sampah untuk dapat digunakan kembali sekitar 80 persennya, sehingga sampah yang dibuang tinggal 20 persen saja.

Instalasi TPS3R ini akan dikelola oleh Kelompok Masyarakat Penyelenggara (KMP) TPS3R Laskar Kebersihan Ganda-Ganda.

Wabup Djira, dalam kesempatan itu, menyerahkan secara resmi pengelolaan TPS3R ini kepada Ketua KMP Laskar Kebersihan.

Wabup Djira, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Balai Prasarana Permukiman Sulteng yang telah membangun sarana dan fasilitas pengolahan sampah ini, dan akan menjadi percontohan untuk dilanjutkan di Desa-Desa lainnya yang ada di Morut.

Ia mengatakan, mengurus sampah adalah tugas mulia, karena hal ini menyangkut kesehatan dan kesejahteraan orang banyak.

Ia berharap, kepada KMP Laskar Kebersihan Ganda-Ganda bisa mengoperasikan instalasi ini dengan maksimal di bawah bimbingan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Morut.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng, Dr M Ishak Cenne, ST MT, Kadis LHD Morut, Syarifuddin, ST MT, Camat Petasia, Novri Najamudi SE, dan Kades Ganda-Ganda, serta anggota KMP Laskar Kebersihan. (MCDD/NAL)