Usai Penandatanganan MoU, KM Tatamailau Siap Digunakan Warga Isoman COVID-19

Bitung Redaksisulut – Diikuti secara virtual oleh Kepala Daerah Kabupaten Minahasa Utara, Kota Sorong, Kota Jayapura dan Kota Medan, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Perhubungan, PT Pelni dan Pemkot Bitung. Jumat, (13/8)2021).

Penandatanganan MoU dipimpin langsung Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi guna untuk penggunaan kapal Pelni sebagai fasilitas isolasi mandiri (Isoman) terapung bagi pasien terpapar COVID-19.

Dalam kesempatan, Maurits pada saat itu diminta membawakan sambutan mewakili Kabupaten Minahasa Utara, Kota Sorong Kota Jayapura dan Kota Medan

Dirinya mengaku sangat bersyukur karena Kementerian Perhubungan menilai Pemkot Bitung sangat berkeinginan memperjuangkan ide Isoman terapung dengan menggunakan kapal Pelni bagi pasien Covid-19.

“Sangat berterima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden dan Wakil Presiden RI yang telah berjuang bersama-sama melawan pandemi COVID-19 dengan memberikan solusi penanganan bagi Bangsa Indonesia dan kali ini untuk mensukseskan fasilitas Isoman terapung di KM Tatamailau, kami menggandeng Bupati Minut untuk bersama-sama agar bisa digunakan di dua daerah”. Katanya.

Lanjutnya bahwa, dengan terlaksananya MOU ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat, Pemkot Bitung, Pemerintah Kabupaten Minut dengan PT Pelni dalam rangka recover dari pandemi COVId-19 melalui penyelenggaraan tempat isolasi terpusat terhadap penanganan pasien COVID dengan kasus konfirmasi tanpa gejala/asimptomatik duli KM Tatamailau.

“Untuk Isolasi terpusat ini menghadirkan konsep recovery, training, motivasi dan olahraga serta rekreasi. Dimana konsep ini dipadukan agar tidak ada kejenuhan selama masa isolasi yang tentunya dalam pengawasan dan pendampingan tenaga medis”. Kata Maurits.

Tak hanya itu dalam kesempatan, wali Kota Bitung juga menyampaikan bahwa, atas nama Pemkot Bitung dan Kabupaten Minut, dirinya menyampaikan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi-tingginya kepada Kementerian Perhubungan dan PT Pelni yang telah bersedia menjadi mitra strategis dalam misi penting dan mendesak dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 berupa layanan isolasi terpusat pada KM Tatamailau.

“Kedepan, semoga kerjasama yang dilakukan dapat terus ditingkatkan dan bisa dijalin dengan baik, karena pandemi ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk itu butuh peran dan andil, sinergi dan kolaborasi serta gotong royong dari semua pihak”. Tutup Maurits.

Adapun yang turut hadir dalam penandatanganan MoU yakni, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia, Insan Purwarisya L Tobing serta sejumlah pejabat. (Wesly)

Related posts