oleh

Unsrat Anugerahkan Gelar Doktor Kehormatan Kepada Gubernur Olly Dondokambey

-Sulut-1066 Dilihat

Manado-Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menganugerahkan gelar doktor kehormatan (honoris causa) kepada Gubernur Sulut Prof. (HC) Olly Dondokambey, SE pada acara penganugerahan di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (21/9/2023).

Penganugerahan Doktor Honoris Causa (HC) pertama kali sejak kehadiran Unsrat 62 tahun lalu itu dilakukan Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. IPU, ASEAN Eng di hadapan pimpinan dan anggota Senat Akademik serta undangan lainnya.

Penganugerahan gelar kepada Prof Dr Olly Dondokambey SE digelar melalui sidang senat terbuka pada Kamis (21/9/2023) yang dipimpin Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU, ASEAN.ENG.

Orang nomor satu di Sulut ini layak menerima gelar ini. Sebagai informasi, berbagai prestasi dan inovasi Gubernur Olly Dondokambey telah membuka konektivitas Manado ke kota-kota di Tiongkok yang terbukti mampu menggenjot pariwisata Sulut.

Tak hanya Tiongkok, konektivitas juga diperluas hingga ke Jepang, Filipina bahkan Korsel.

Sempat dihantam pandemi Covid-19, ekonomi Sulut juga mampu bangkit dengan pertumbuhan ekonomi daerah jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, terobosan Gubernur Olly lainnya yaitu membuat Sulut memiliki dua KEK, yaitu KEK Bitung dan KEK Pariwisata Likupang yang menjadi proyek pengembangan strategis nasional.

Terobosan dan inisiatif dari Gubernur Sulut telah memberikan kebaikan terhadap indikator makro sosial ekonomi seperti: Pertumbuhan ekonomi, kestabilan harga umum/inflasi, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, distribusi pendapatan, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Rektor Unsrat Berty Sompie dalam sambutannya, mengatakan anugerah Doktor HC adalah tradisi akademik yang diberikan kepada seseorang lewat pertimbangan dan kajian bahwa yang bersangkutan telah berjasa serta berkarya luar biasa.

“Gubernur Olly Dondokambey telah menjadi bagian dalam pengembangan pendidikan Unsrat. Sebagai Gubernur, Olly membuat daerah makin hebat di berbagai bidang khususnya dalam menjaga stabilitas ekonomi, keamanan dan politik,” kata Prof Berty Sompie.

Atas berbagai pertimbangan itu, Rektor Berty Sompie menilai Gubernur Olly layak diberikan gelar Doktor HC

Rektor Unsrat juga menegaskan gelar Doktor Kehormatan kepada Gubernur Olly adalah yang pertama kali dilakukan sejak 62 tahun Unsrat berdiri.

Sementara itu, Gubernur Olly kepada mengaku terharu dengan pemberian gelar tersebut karena berdekatan dengan peringatan HUT ke-59 Provinsi Sulut.

“Saya atas nama keluarga dan juga Pemprov Sulut di saat dalam suasana jelang Hut Sulut beroleh penganugerahan ini, sangat mengharukan bagi saya,” kata Olly.

Gubernur Olly mengatakan bahwa pemberian gelar Doktor kehormatan itu merupakan pengakuan dari Unsrat terhadap apa yang sudah ia lakukan sebagai Gubernur Sulut.

Meski bangga karena merupakan satu satunya tokoh yang menerima gelar itu dari Unsrat, selama universitas terkemuka di Sulut itu berdiri, Olly berjanji tetap terus meningkatkan pembangunan di Sulut.

“Di balik itu ada tantangan untuk lebih memajukan Sulut, karena saya sudah sandang gelar Doktor,” terangnya. (***)