Raih Medali Perak di PON XX Papua,Tim Basket Sulut Ukir Sejarah

Tim Basket Sulut berhasil medapat medali perak di PON XX Papua. (Foto Istimewa)

Timika – Perjuangan tim basket 5×5 Sulawesi Utara (Sulut) untuk merebut emas di PON XX Papua, kandas setelah dikalahkan tim DKI Jakarta, yang berlangsung di Mimika Sport Complex, Timika, Sabtu (9/10/2021).

Pada partai final Sulut kalah 57-72 dari DKI Jakarta. Meski begitu, jadi kebanggaan dan pencapaian luar biasa karena aksi yang diperlihatkan anak-anak binaan duet pelatih Ronald Lengkong dan Herry Tumuwo tersebut, dapat mengukir sejarah baru bagi Sulut di perhelatan PON.

Tim Basket Putra Sulut harus menunggu puluhan tahun sejak awal berpartisipasi dalam pelaksanaan PON untuk masuk ke babak final.

Ketua Umum KONI Sulut Steven Kandouw datang memberikan dukungan untuk Tim Basket Putra Sulut di babak final. (istimewa) Pun, tim yang dimanajeri Clay Dondokambey ini awalnya terbilang tidak masuk hitungan.

Pasalnya, banyak tim-tim besar di Pulau Jawa yang menjadi langganan memegang tiket ke babak semifinal maupun final di setiap pelaksanaan PON.

Tapi fakta berbicara lain. Tim Bakset Putra Sulut yang hanya dianggap sebagai lawan berubah menjadi ancaman, bahkan menjadi kandidat juara.

Itu setelah Sulut menang atas Bali dan Babel, dan yang paling fenomenal berhasil mengungguli tim tangguh dari Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Barat (Jabar).

Tanpa disangka, Tim Basket Putra Sulut menantang tim tangguh DKI Jakarta di babak final.

“Apresiasi bagi Tim Basket Putra Sulut yang mampu mengukir sejarah baru untuk Sulut di PON Papua. Torehan medali perak sudah menjadi capaian luar biasa dan membanggakan,” kata Ketua KONI Sulut, Steven Kandouw yang turut menyaksikan jalannya pertandingan di babak final tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Manager Tim Basket Putra Sulut, Clay Dondokambey yang bangga akan capaian tersebut.

“Tuhan luar biasa. Tuhan kase berkat sekaligus pelajaran iman bagi semua atlet, pelatih dan official. Terima kasih Tuhan. Terima kasih juga bagi warga Sulut yang terus memberikan dukungan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, koleksi medali kontingen Sulut di PON XX Papua yakni 2 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu. (*/Mal)

Related posts