oleh

Tekan Tindak Pidana, Wabup Suharsi Igirisa Ikuti Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Pohuwato

Pohuwato-Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, turut menaruh perhatian terhadap penindakan pelanggaran hukum yang terjadi di wilayah Kabupaten Pohuwato.

Pada Kamis, (19/10/2023) Wabup Suharsi hadir secara langsung untuk mengikuti kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum yang Berkekuatan Hukum Tetap (incraht) di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pohuwato.

Pemusnahan barang bukti ini di pimpin oleh Kajari Pohuwato, Endi Sulistiyo, S.H., M.H, juga di hadiri Ketua Pengadilan Negeri Marisa, Achmad Yuliandi Erria Putra, S.H, Kalapas Pohuwato, Irman Jaya.

Dalam sambutannya Kajari Pohuwato mengatakan bahwa barang bukti yang akan dilakukan merupakan barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan merupakan salah satu tugas dan wewenang kejaksaan dalam melaksanakan putusan pengadilan selaku eksekutor.

“Semua itu diatur dalam pasal 270 KUHP, pasal 30 undang-undang nomor 11 tahun 2021 tentang perubahan atas undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia”, katanya.

Selain untuk melaksanakan putusan pengadilan, lanjut Kajari Endi Sulistiyo, tujuan pemusnahan barang bukti ini adalah agar barang bukti yang disimpan di gudang barang bukti untuk kepastian hukum sehingga barang bukti tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dalam pemusnahan barang bukti ini juga di Launching Aplikasi ‘Sahabat Kejari Pohuwato’. Hal ini di buat dilatar belakangi oleh upaya Kejaksaan Negeri Pohuwato dalam menerapkan teknologi informasi, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional serta aplikasi terintegrasi yang mendukung pemberian informasi kepada masyarakat.

“Ini secara real time perkembangan penanganan perkara di satuan kerja Kejaksaan Negeri Pohuwato, nanti semua akan ketahuan di sini”,katanya.

Selaku pemerintah daerah, Wabup Suharsi Igirisa mengapresiasi pemusnahan barang bukti narkotika, obat-obatan ilegal, pencurian, judi, senjata tajam, hingga tindak pidana lainnya yang dilakukan Kejaksaan Negeri Pohuwato.

“Kebetulan kegiatan ini bersamaan dengan launching aplikasi Sahabat Kejari Pohuwato, tentu ini luar biasa. Sebab lebih efisien dan efektif serta akan lebih memudahkan masyarakat untuk tidak lagi mengeluarkan biaya, tinggal buka aplikasi, masyarakat pun terbantu.” Pungkas Wabup Suharsi, seraya menambahkan dengan aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai Kejaksaan Negeri Pohuwato.

Pemusnahan barang bukti itu juga di hadiri,Kasat Reskrim, Iptu Arie Agustyanto Yos, serta para pejabat eselon IV di lingkungan Kejaksaan Negeri Pohuwato. (*/Has)