Survey Independen, Sonya-Syarif Unggul 26,68 Persen Atas Kandidat Lain,Ini Pesan Aba Amir

MANADO – Lembaga survey independen LG-Medkom yang berpusat di Makassar merilis hasil survey masyarakat terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado, dimana pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Sonya Selviana Kembuan dan Syarifudin Saafa unggul atas kandidat lainnya.

Dimana, survey menunjukan paslon Sonya-Syarif meraih 26,68 persen, unggul tipis dari paslon Andrei Angouw dan Richard Sualang yang mendapat 26,04 persen.

Sementara, paslon Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw mendapat 22,23 persen dan paslon Julyeta PA Runtuwene dan Harley AB Mangindaan meraih 15,94 persen.

Survey ini dilakukan pada 26 November sampai 2 Desember 2020, dengan melibatkan 1200 responden dari 11 kecamatan menggunakan metode multistage random sampling.

“Sebanyak 1200 sampling awal tersebar proporsional di seluruh kecamatan di Kota Manado. Setelah dilakukan validasi, verifikasi dan kendali mutu dilakukan analisis terhadap 947 sampel. Margin of error sekira 3,3 persen,”ungkap Aryadi dari LG-Medcom, dalam teleconference, di Sekretariat Tim Pemenangan Sonya-Syarif, kawasan Paal Dua, Jumat (04/12).

Dilihat dari harapan masyarakat jika paslon terpilih memimpin Manado, menurutnya, sebanyak 39,77 persen responden menitikberatkan pada lapangan kerja, sedangkan 15,79 persen berharap pada bantuan UMKM.

Menanggapi hasil survey independen yang menempatkan paslon Sonya-Syarif mengungguli kandidat lainnya, Ketua Tim Pemenangan Sonya-Syarif, Hi. Amir Liputo SH (Abah Amir) mengatakan jika hasil survey tersebut menjadi penyemangat kerja politik paslon nomor urut 2 dalam Pilkada Manado.

“Kami rasa apa yang diungkap dalam survey ini menjadi motivasi dan memicu semangat kami untuk bekerja memenangkan pasangan ibu Sonya dan pak Syarif pada Pilkada Manado ini,”ujar Abah, sapaan akrab Liputo.

Dirinya juga tak mau takabur dengan hasil survey yang dirilis, namun yakin jika paslon yang diusung Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Hanura itu, telah mendapat simpati dan dukungan sebagian besar masyarakat Kota Manado.

“Yang paling penting tanggal 9 Desember, jangan lupa coblos nomor 2 Sonya-Syarif,”pungkas Aba Amir.(*)

Related posts