oleh

Spektakuler,Bupati Kumendong Dampingi Gubernur Olly Buka Iven Minahasa Wakefest 2023

Minahasa -Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stany Kumendong, M.Si, mendampingi Gubernur Sulut, Prof DR (HC) Olly Dondokambey, membuka Iven Minahasa Wakefest 2023. Bertempat Danau Tondano wilayah Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano, Jumat (24/11/2023).

Iven Wakefest 2023 yang berlangsung selama 24 s/d 26 dibuka dengan doa dipimpin Ketua FKUB Sulut, Pdt. Lucky Rumopa, diikuti mengumandangkan nyanyikan lagu Indonesia Raya, pertunjukan tarian Kabasaran, maengket, dan marching band.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya berharap lewat kejuaraan ini olahraga sky air dapat berkembang pesat di Sulut.

“Sehingga akan berdampak positif, sehingga pada kejuaraan-kejuaraan nanti partisipasi dari Sulawesi Utara akan lebih banyak lagi,” kata Gubernur Olly.

Di tempat yang sama Penjabat Bupati Minahasa, Dr Djemmy Kumendong MSi, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta lomba dari berbagai negara.

“Wakefest adalah iven yang menarik perhatian masyarakat setempat dan turis dari berbagai belahan dunia. Acara ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga sarana promosi pariwisata dan potensi ekonomi lokal. Para peserta dan penonton bisa menikmati keindahan Danau Tondano sambil bersantai, menonton pertandingan, dan bersosialisasi dalam suasana yang penuh kegembiraan,” ucap Bupati Kumendong.

Bupati Kumendong juga menjelaskan bahwa pada iven Wakefat 2023 ada sekira 50 tenda UMKM yang telah disiapkan untuk memperkenalkan karakteristik lokal dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa kepada para pengunjung Wakefest 2023.

“Ada sekira 50 tenda UMKMyang telah disiapkan disekitar lokasi iven. Jadi para pengunjung yang datang bias sambil menyaksikan lomba Ski Air, juga bisa mengenal karakteristik lokal dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa,” jelas Kumendong.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Rio Dondokambey mengajak warga Minahasa dan sekitarnya untuk memberikan dukungan akan sukses terlaksananya iven Wakefest 2023. Dia juga menyucapkan selamat dating kepada para atlet yang akan berlomba pada kejuaraan internasional di Danau Tondano.

Dia juga menjelaskan banyak dampak positif dari kejuaraan internasional di Danau Tondano. Di antaranya memperkenalkan olahraga ski air sambil menikmati adu kemampuan para atlet ski air terbaik dari berbagai negara. Juga mendongkrak parisiwata Sulawesi Utara serta meningkatkan perekonomian masyarakat di dalamnya pelaku usaha di sekitar lokasi lomba.

Lebih lanjut Bung Rio mengapresiasi semua pihak di dalamnya masyarakat Sulawesi Utara khususnya Minahasa yang telah hadir dan turut mensukseskan pembukaan Minahasa Wakefest 2023. “Masyarakat Minahasa sangat welcome pada semua yang datang,” tukasnya.

Diketahui dalam iven Wakfest 2023 kejuaraan dunia Ski air ini, menghadirkan para atlet ski air dari termasuk Indonesia, Hongkong, China Taipe, Singapura, Jepang, dan Thailand.

Hadir pula Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Kapolres Minahasa AKBP. Ketut Suryana, SIK, SH, MM. Pejabat Minahasa Kadis, Kaban, Kaban, Kabag Dan Masyarakat yang menyaksikan. (Adve)