oleh

Sekprov Steve Kepel Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

-Sulut-167 Dilihat

Sulut– Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut) Steve Kepel memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Gubernur Sulut, Sabtu (1/6/2024).

Upacara ini diikuti para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Kantor Gubernur Sulut.

Adapun peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pada amanatnya,Sekprov Kepel membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Dari tema yang diusung mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

Dalam amanat itu, Sekprov menjelaskan keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ungkapnya.

Ia mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” terangnya.

Di momentum itu, Sekprov juga mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud mengamalkan nilai Pancasila,” tukasnya. (*)