oleh

Sekprov Kepel Terima Kunjungan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-61

-Sulut-355 Dilihat

Manado-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menerima kunjungan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-61 Tahun Anggaran 2023 dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri. Kunjungan ini diterima oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili oleh Sekdaprov Steve Kepel, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (22/06/2023).

Rombongan Pasis Dikreg Seskoal dipimpin langsung oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi. Ketika diwawancarai usai kegiatan, Laksda Suryono menjelaskan jika dalam kegiatan tersebut Seskoal telah menyampaikan Executive Summary kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terutama tentang materi Pertahanan Negara di Laut.

Laksda Suryono juga menambahkan jika pihaknya juga memberikan beberapa usulan kepada Pemprov Sulut dalam rangka memperkuat ketahanan wilayah laut.

“Terutama pengamanan tentang maritim, karena kerawanan negara kita yang berbatasan langsung dengan 10 negara, dan sangat luas. Kita juga mengawasi kegiatan ilegal di laut maupun yang lewat laut,” ujar Laksda Suryono.

Sekdaprov Sulut Steve Kepel menuturkan jika penyampaian Executive Summary oleh Seskoal sangat strategis bagi Sulut.

“Apa yang disampaikan sangat strategis dikarenakan Sulut adalah wilayah kepulauan. Terdapat berbagai potensi ancaman di Sulut sehubungan dengan posisi tersebut. Ada potensi ilegal fishing, ilegal weapon dan lainnya,” ujar Sekprov Kepel.

Sekprov Steve Kepel pun mengapresiasi pihak Seskoal. Menurutnya, banyak manfaat yang didapat dari pertemuan tersebut. “Ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi suatu bentuk kewaspadaan terhadap potensi gangguan di wilayah perairan kita,” ujar Sekprov Kepel.

Kepel pun menambahkan, hasil pertemuan kedua pihak ini akan disampaikan ke gubernur dan selanjutnya diteruskan ke pemerintah pusat.

Adapun Pasis Dikreg Seskoal TA 2023 yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 25 siswa dari total 118 siswa, termasuk 9 diantara merupakan siswa dari mancanegara. Turut hadir Wadan Lantamal VIII/Manado Kolonel Marinir Wikaryo Widodo selaku pihak penyelenggara kegiatan. Hadir juga Kabinda Sulut, perwakilan dari Pangdam XIII/Merdeka, perwakilan Danrem 131/Santiago, perwakilan Danlanudsri Manado, serta perwakilan Kapolda Sulut. Dari Pemprov Sulut dihadiri oleh Plt Kaban Pengelola Perbatasan Daerah Djemmy Gagola. (*/J.Mo)