oleh

Sekprov Kepel Hadiri Penanaman Mangrove, Momentum Bangkitkan Semangat Penghijauan

-Sulut-394 Dilihat

Manado– Sekprov Sulut Steve Kepel bersama Forkopimda Sulut melakukan kegiatan tanam pohon mangrove di pesisir Pantai Molas tepatnya di kawasan NDC Hotel Manado, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Rabu (23/8/2023).

Penanaman pohon bakau yang merupakan program Polri tersebut, dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang dipelopori oleh masing-masing Polda dengan tema ‘Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’.

Sekprov Steve Kepel mewakili Gubernur Sulut mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai komitmen bersama menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Menurutnya, penanaman mangrove yang dilakukan memiliki banyak manfaat pada lingkungan masyarakat sekitar.

“Selain itu, juga bermanfaat bagi ekosistem alam khususnya yang ada di laut serta mencegah abrasi dan erosi,” ungkap Sekprov Steve Kepel didampingi Asisten I Setdaprov Sulut, Denny Mangala.

Kesempatan yang sama, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menjelaskan, untuk wilayah Sulut ada kurang lebih 32 titik lokasi penanaman pohon dengan total sebanyak 16.850 bibit pohon.

“Ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit melalui video conference pada kegiatan AMMTC di NTT,” jelasnya.

Lanjut Kapolda, tujuan dilakukan penanaman pohon untuk mengingatkan kepada semua masyarakat pentingnya masalah penghijauan.

“Banyak hal yang harus kita ingat dan mungkin sering kita lupakan. Misalnya perubahan suhu, global warming yang menyebabkan banyak terjadi perubahan iklim saat ini,” lanjutnya.
Kedepan ia berharap kepada seluruh masyarakat agar bisa menjaga lingkungan sekitar lebih baik lagi.

“Setelah ini, mari kita lakukan penanaman pohon di rumah, di kantor dan sekitar kita. Sekecil apapun paling tidak bisa memberikan dampak penghijauan dan mempengaruhi suhu agar tidak semakin panas,” pesannya.

Kapolda juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu dalam kegiatan penghijauan tersebut.

“Terima kasih kepada Pemprov Sulut yang sudah menbantu menyiapkan bibit pohon yang akan ditanam. Saya juga ucapkan terima kasih atas peran serta semua pihak yang hadir dalam kegiatan Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini. Mari kita ajarkan putra putri kita untuk menanam pohon sejak dini,” pungkasnya. (*)