oleh

Sambut KTT Y20 2023, Palu Produktif & IYD Jaring Aspirasi Ratusan Pemuda Palu

Palu130 pemuda Palu menghadiri gelaran Y20 x Y7 Roadshow To Palu di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako pada 31 Juli 2023 yang diprakarsai oleh Indonesian Youth Diplomacy (IYD) bekerjasama dengan organisasi pemuda lokal, Palu Produktif. Y20 dan Y7 adalah engagement group resmi dari G20 dan G7 yang berfungsi sebagai wadah aspirasi anak muda.

Menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 2023 di India pada Agustus 2023 mendatang, melalui roadshow ini IYD dan Palu Produktif mengumpulkan perspektif anak muda Palu mengenai berbagai isu utama yaitu Ketahanan Ekonomi, Inovasi Digital, Iklim dan Lingkungan, Kesehatan dan Kebahagiaan Global, Perdamaian dan Keamanan, serta Pemuda dalam Demokrasi, sejalan dengan tema acara ini yaitu Speaking Up: Amplifying Indonesian Youth Perspective in G7 and G20 Multilateral Negotiations.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Mohamad Rizal membuka acara ini “Saya melihat bagaimana para pemuda di acara ini membuka cakrawala dengan memberikan pemahaman tentang masa depan sehingga dari sekarang mereka sudah harus mempersiapkan diri. Apa yang mereka paparkan banyak yang bersinggungan dengan 53 program kerja Wali Kota Palu.”, buka Muhammad Rizal, Senin (31/7).

Acara ini dihadiri oleh empat fasilitator diantaranya Laksamana Sakti selaku Delegasi Y20, Anastasya Jessyln selaku Observer Y7, Biondi Sima, Founder & CEO Palu Produktif dan Jesica Porogoi, Head of Program Palu Produktif.

Biondi Sima menyampaikan “Kami berharap Palu Produktif, yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas pemuda melalui program-program transferable skill sets, dapat terus berkontribusi aktif bagi kemajuan pemuda di Palu.” Ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Palu Produktif akan mengadakan program tahunan yaitu pelatihan intensif batch 3 dan saat ini sedang dilaksanakan program politik bertajuk Pimpin Palu berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu.

Pada sesi panel, seluruh isu utama diulas secara tuntas, mulai dari pemetaan urgensi isu-isu global yang menjadi perhatian khusus bagi anak muda, hingga munculnya gagasan-gagasan menarik yang dapat diimplementasikan secara nyata.

Seluruh pemuda yang hadir sepakat bahwa kekuatan, suara, dan jaringan anak muda perlu dimanfaatkan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. Aspirasi dan perspektif pemuda Palu hari ini akan diangkat pada KTT Y20 di India Agustus 2023 mendatang dan diserahkan kepada pemimpin negara G20 dan G7 untuk pertimbangan kebijakan.

Berbagai komunitas yang turut mendukung acara ini diantaranya Rubalang, Eduloka, Seangle, Kaizen, Teras Pemuda Literasi, Duta Bahasa Sulteng, Duta GENRE Sulteng, BEM UNTAD, Impact Palu dan Putra Putri Adipura Sulteng. Acara ini juga didukung oleh Lokalate, Top Coffee, Mie Sedaap dan Kacamata Sasha.

Tentang Palu Produktif:

Palu Produktif merupakan komunitas yang dibangun sejak tahun 2021 melalui program pelatihan intensif dan pengembangan kapasitas diri bagi pemuda Kota Palu. Palu Produktif terus berkembang selama 2 tahun dengan visi dan misi membekali talenta-talenta muda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mampu bersaing secara kompetitif.

Program Palu Produktif telah diikuti dan dimanfaatkan oleh 700 pemuda, 33 komunitas pemuda di Kota Palu dan lebih dari 70 peserta program pelatihan intensif. Palu Produktif juga meraih penghargaan Most Inspiring Movement dari The New L-Men of the Year 2022 dan International Visitor Leadership Program (IVLP) Impact Award dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat 2022. (***)