oleh

Sambut 13 Personil Komcad, Al Zaki : Terapkan 8 Wajib TNI Dalam Berinteraksi

Morut-Komando Distrik Militer (Kodim) 1311/Morowali dengan rasa bangga, menyambut kedatangan 13 personil Komando Cadangan (Komcad) yang baru saja menyelesaikan pelatihan intensif di Markas Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar.

Kehadiran mereka akan memberikan kekuatan baru serta semangat dalam mendukung tugas-tugas krusial jika dibutuhkan, khususnya dalam menghadapi kondisi darurat seperti bencana alam.

Dalam sebuah upacara penutupan yang dihelat di Pusdiklatpassus, Kopassus, 13 personil Komcad ini secara resmi dinyatakan sebagai bagian integral dari sistem pertahanan semesta, dengan latar belakang dan keterampilan yang beragam, mereka siap untuk melaksanakan berbagai tugas yang kompleks dan beraneka ragam, bila diperlukan dalam situasi darurat.

Program Komcad menjadi manifestasi komitmen suka rela yang diatur oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Konsep ini menciptakan sebuah wadah yang berbeda dari wajib militer, di mana setiap anggota Komcad menyumbangkan kontribusi sukarela untuk memperkuat kekuatan TNI dalam menghadapi aneka tantangan, baik dalam konteks pertahanan nasional maupun dalam penanganan bencana alam.

Program ini merangkum empat komponen utama, yakni sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, dan sarana-prasarana.

Pada kesempatan itu, Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Al Zaki MM MBA MMAS, dengan penuh semangat menyambut kepulangan 13 personil Komcad, sebagai anggota keluarga besar Kodim 1311/Morowali, pihaknya mewajibkan mereka untuk menerapkan 8 Wajib TNI, dalam berinteraksi dengan masyarakat di wilayah Morowali dan Morowali Utara (Morut).

Kata dia, dalam setiap berinteraksi dengan rakyat, dirinya mengharapkan mereka selalu mempraktekan sikap ramah tamah, sopan santun, menghormati kehormatan wanita, menjaga martabat diri di hadapan publik, menjadi contoh dalam perilaku dan kesederhanaan, tidak menyakiti rakyat, tidak menakut-nakuti atau menyakiti hati mereka, serta menginisiasi upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat sekitarnya.

Kodim 1311/Morowali tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kesiapan dan kapabilitas operasionalnya dalam rangka menjaga keamanan serta kedaulatan wilayah. Adanya personil Komcad ini diharapkan akan lebih lanjut memperkuat posisi dan adaptabilitas Kodim 1311/Morowali, dalam menghadapi berbagai dinamika yang terus berkembang saat ini. (*/NAL)