oleh

Ribuan Peserta Tes Wawancara Job Fair PT GNI di Nakertrans Morut

Morut-Ribuan calon tenaga kerja mengikuti Job Fair atau perekrutan secara langsung yang di laksanakan PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Morowali Utara ( Morut) yang di gelar 30 -31 Agustus serta 1, 6 dan 7 September 2023.

PT GNI melakukan perekrutan secara langsung yang menghadirkan pihak Human Resource (HR).Kegiatan tersebut di dipimpin langsung Manager HR PT GNI Heru, jumat (08/09/2023).

Ia mengatakan, pihaknya melakukan tes wawancara bagi para calon tenaga kerja pria sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Calon tenaga kerja di atur secara bergiliran untuk bertatap muka langsung dengan pihak HR dengan syarat, harus menyiapkan identitas pribadi dan pengalaman kerjanya. Sementara pihak GNI menyiapkan formulir lamarannya.

Manajemen HR PT GNI, tak hanya mewawancarai calon tenaga kerja yang memiliki pengalaman kerja atau skil, namun juga membuka kesempatan bagi calon tenaga kerja non skil, dengan standar minimal pendidikan terakhir lulusan SMP (non skil) dan lulusan SMA sederajat (skil), dengan mengutamakan peserta pria.

“Kami melakukan jemput bola, sebagai bentuk apresiasi kepada warga di sekitar perusahaan dan memprioritaskan mereka untuk menjadi tenaga kerja di PT GNI,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Heru, menyampaikan terima atas kesiapan pihak Disnakertrans Morut, yang mendukung jalannya pelaksanaan perekrutan secara langsung tersebut. selama lima hari Job Fair, pihak HR telah mewawancarai sedikitnya 1.439 orang calon tenaga kerja, baik skil maupun non skil. Sedikitnya 4 orang HR GNI terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dengan rincian kegiatan Job Fair tanggal 30, 31 Agustus dan 1 September sebanyak 808 orang peserta untuk mengisi lowongan di bidang welder, elektrik dan umum. Sementara Job Fair tanggal 6 dan 7 September sebanyak 631 orang peserta untuk mengisi kebutuhan perusahaan di bidang driver Dump Truck dan umum.

Kegiatan serupa besar kemungkinan akan kembali dilaksanakan pihak HR GNI, sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk membantu Pemda Morut, dalam rangka memanimalisir angka pengangguran sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat atas kehadiran investasi didaerah ini. Terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan Industri itu.

Sementara itu salah satu calon tenaga kerja Arief Tangkuman (30), mengaku, dirinya termotivasi untuk mengikuti Job Fair lantaran mendengar bahwa perusahaan itu membutuhkan tenaga kerja. Dia ingin menambah pengalaman baru menjadi seorang tenaga kerja di lingkungan perusahaan industri.

“Tambah pengalaman kerja soalnya belum pernah kerja di perusahaan industri nikel,” ujarnya. (Rls/NAL)