oleh

Ratusan Mahasiswa KKN UMM Fokus Data Kesehatan Masyarakat Bitung

Bitung, Redaksisulut – Mewakili Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM dan Wakil Wali Kota Bitung, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan didampingi Asisten I, Julius Ondang terima ratusan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mauhammadiyah Manado (UMM) tahun ajaran 2021/2022 di Lapangan Tenis Kantor Wali Kota Bitung. Rabu, (9/3/2022).

Rektor UMM, Agust A Laya menyampaikan bahwa, untuk peserta KKN nantinya akan diterjunkan langsung ke masyarakat, agar dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat secara langsung dan bisa melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

“Mohon anak-anak kami diterima. Mereka datang untuk menjadi bagian dari pada Pemerintah, melaksanakan apa yang baik untuk masyarakat”. Katanya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, Kota Bitung adalah Kota yang memiliki pintu gerbang ekonomi di kawasan Pasifik. Sangat berharap peserta KKN dapat memberikan semua ilmu yang dimiliki untuk kemajuan Kota Bitung.

“Nantinya peserta KKN ini akan membantu Kelurahan dalam mencapai apa yang di cita-citakan”. Kata Agust.

Dalam kesempatan, Ketua Panitia KKN UMM, Rizal Arsjad juga menyampaikan rincian dari 231 peserta dimana peserta itu terbagi dalam tiga program studi (Prodi) yakni  S1 Keperawatan, D3 Kebidanan dan D3 Farmasi.

“Untuk Keperawatan ada 82 orang, Bidan 63 orang dan Farmasi 86 orang dan nantinya peserta KKN akan disebarkan di 46 Kelurahan di Kota Bitung untuk membantu pendataan di bidang kesehatan Masyarakat selama 21 hari”. Jelasnya.

Lannutnya bahwa, apalagi saat ini, Pemkot Bitung sementara membangun data terpadu, termasuk data kesehatan masyatakat.

“Biasanya setiap perguruan tinggi melakukan survei sebelum menerjunkan peserta KKN. Tetapi, saat ini Pemkot Bitung sudah memfasilitasi data-data tersebut. Maka dari itu, atas nama UMM mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan Maurits-Hengky yang luar biasa proaktif membantu kami”. Ucap Rizal.

Sementara itu, Audy Pangemanan dalam sambutan menyampaikan bahwa, mahasiswa memiliki posisi tertentu dalam struktur sosial kemasyarakatan.

“Mahasiswa harus selalu berusaha mengembangkan diri di perguruan tinggi, sehingga posisinya ditengah masyarakat dapat terus melekat”. Katanya.

Pangemanan sangat berharap, KKN dapat mengubah seluruh peserta yang ikut menjadi mahasiswa yang memiliki karakter yang kuat, siap menginspirasi orang lain dan siap dibentuk sebagai pemimpin masa depan.

“Selamat datang di Kota Bitung, Semoga KKN ini berjalan dengan lancar, serta tercapai semua tujuan yang diharapakan”. Tutup Pangemanan.

Turut hadir dalam penerimaan mahasiswa KKN UMM yakni delapan Camat se-Kota Bitung serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Pemkot Bitung, Albert Sergius Pelenkahu. (*/Wesly)