oleh

PWI Bolmut Umumkan Pemenag Lomba Menulis Artikel

-Bolmut-596 Dilihat

Redaksisulut,Boroko-Dalam rangka memperingati HUT ke-17 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bolmut menyelenggarakan lomba menulis artikel tingkat SMA/SMK sederajat. Acara ini bertujuan untuk menggali potensi literasi dan kreativitas siswa-siswi di daerah tersebut. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, PWI Bolmut mengumumkan para pemenang lomba menulis artikel tersebut, Rabu (22/05/2024).

Berikut adalah daftar pemenang beserta artikel yang mereka tulis dan asal sekolah masing-masing:

Juara 1 : Siviana Nilawati Buhang
Total Nilai : 184,0
Judul Artikel : “Menuju Bolmut Maju, Pendirian Perguruan Tinggi Sebagai Solusi”
Asal Sekolah : SMK N 1 Kaidipang

Juara 2 : Edat Usman
Total Nilai : 182,0
Judul Artikel : “Mengoptimalkan Potensi Pertanian Bolmut, Tantangan dan Peluang Inovatif”
Asal Sekolah : SMK Muhammadiyah Kaidipang

Juara 3 : Nurkhalizah Pontoh
Total Nilai : 170,0
Judul Artikel : “Pendidikan Sebagai Pondasi Kemajuan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”
Asal Sekolah : SMK N 1 Kaidipang

Selain juara utama, penghargaan juga diberikan kepada para finalis favorit:

Finalis Favorit 1 : Prianka Buhang
Total Nilai : 164,0
Judul Artikel : “Pendidikan Sebagai Fondasi Kemajuan”
Asal Sekolah : SMK N 1 Kaidipang

Finalis Favorit 2 : Naurah Kallistya Mandeng
Total Nilai : 158,0
Judul Artikel : “Pendidikan Sebagai Pondasi Kemajuan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”
Asal Sekolah : SMK Negeri 1 Kaidipang

Finalis Favorit 3 : Chian Fakhriyah Pontoh
Total Nilai : 151,0
Judul Artikel : “Menuju Bolmut Maju di Tengah Peluang dan Tantangannya”
Asal Sekolah : SMA Negeri 1 Bolangitang Barat

Ketua PWI Bolmut Patris Babay, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada para pemenang dan finalis. Beliau berharap, melalui kegiatan ini, para siswa dapat semakin termotivasi untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi para peserta untuk terus mengembangkan kemampuan menulis dan menyuarakan ide-ide inovatif demi kemajuan Bolaang Mongondow Utara,” ujarnya.

Patris mengungkapkan bahwa kegiatan lomba menulis ini adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh PWI Bolmut. Ia menyatakan bahwa ke depan, kegiatan serupa akan terus dilakukan dengan melibatkan kerjasama dengan Dinas Pendidikan maupun Dinas Perpustakaan Daerah untuk menggelar kegiatan-kegiatan yang mendukung literasi dan kreativitas siswa.

lebih lanjut Patris menjelaskan, Lomba menulis ini tidak hanya bertujuan untuk menemukan bakat-bakat muda di bidang penulisan, tetapi juga untuk mendorong semangat literasi di kalangan siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Dengan menulis, para siswa diharapkan dapat lebih kritis dan kreatif dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka, yang nantinya dapat berkontribusi positif bagi pembangunan daerah.

Patris pun membeberkan, penilaian dilakukan dengan ketat oleh juri yang berkompeten di bidangnya. Setiap artikel dinilai berdasarkan beberapa kriteria, termasuk orisinalitas ide, kedalaman analisis, kualitas penulisan, dan relevansi dengan tema yang ditentukan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang lebih besar dan lebih baik setiap tahunnya, serta menjadi salah satu ajang prestasi yang bergengsi bagi siswa-siswi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Diapun berharap,ddengan adanya lomba menulis seperti ini, akan muncul generasi muda yang tidak hanya pandai menulis tetapi juga memiliki pemikiran kritis dan inovatif yang siap membangun daerahnya.

“Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sekolah, dan masyarakat, sangat diperlukan untuk kesuksesan program-program literasi di masa mendatang.” Tutup Patris. (R)