oleh

Pj Bupati Sangihe Kukuhkan KSB Petta Raya Kecamatan Tabukan Utara

Tahuna – Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan, mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) “Petta Raya” Kecamatan Tabukan Utara, Jumat (01/12/23).

Penjabat Bupati yang juga selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada tim TAGANA Provinsi dan kabupaten terlebih khusus 80 personil KSB yang sudah dikukuhkan sekaligus menyampaikan bahwa pengurus KSB memiliki peran penting untuk meminimalisir korban bencana.

“Baik itu akan mengakibatkan tanah longsor, banjir, kemudian sering gelombang tinggi yang menyebabkan adanya abrasi di daerah pinggiran pantai dan juga tentunya di sini ada gunung api bawah laut, Sehingga, pengukuhan pengurus KSB diharapkan dapat mendeteksi tanda-tanda bencana dan menghindari timbulnya risiko pasca bencana,” Ungkap Tamuntuan.

Menurut Tamuntuan Kehadiran pengurus KSB memberikan peran penting di tengah masyarakat. Selain untuk meminimalisir korban bencana, juga untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana secara tepat.

“Pengukuhan pengurus Kampung Siaga Bencana di Kabupaten Kepulauan Sangihe masih sedikit, sementara kita di Kabupaten Kepulauan Sangihe ini ada 15 kecamatan, 145 Kampung dan 22 Kelurahan. Jadi masih sangat banyak Kampung yang belum terlatih dan terbentuk KSB sementara Daerah Kabupaten kita Kepulauan Sangihe ini sangat rawan dengan titik-titik yang rawan bencana,” Jelas Tamuntuan.

Lebih lanjut Tamuntuan mengatakan pengurus yang dikukuhkan memiliki tanggungjawab yang tidak mudah, Dikarenakakan Suksesnya KSB tidak terlepas dari peran aktif masyarakat untuk mengikuti berbagai program latihan guna meningkatkan kapasitas diri.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh warga masyarakat Petta Raya, untuk mensukseskan KSB ini sebab Upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Sangihe memerlukan keterlibatan semua pihak. ” Pungkas Tamuntuan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Balai Sentra Tumou Tou Manado, yang diwakili oleh Hendra Gana, Kadis Sosial Sangihe, Camat Tabukan Utara, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Sangihe, para Kapitalaung, tim TAGANA Provinsi dan Kabupaten.

Saat itu juga Pj Bubati Sangihe menyerahkan secara simbolis bantuan sosial. (Yoss)