oleh

Pj Bupati Rinny Tamuntuan Letakan Batu Dasar Pembangunan Gedung Perpustakaan

Tahuna-Penjabat Bupati kabupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan melakukan peletakan batu dasar pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah Senin (20/5/2024) di kelurahan Soataloara, kecamatan Tahuna.

Dalam sambutannya Pj Bupati mengatakan peletakan batu dasar pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah ini  adalah simbol optimisme dalam hal pembangunan kualitas sumber daya manusia melalui layanan perpustakaan di daerah, khususnya di kabupaten kepulauan sangihe.

“Hal ini dipandang sangat perlu karena kebutuhan akan gedung perpustakaan yang memadai akan menopang pembangunan manusia yang berkualitas. Karena disini akan menjadi sumber pengetahuan, sumber informasi yang membuka pengetahuan akan dunia melalui layanan kepustakaan melalui buku cetak maupun digital,” ujar Tamuntuan.

Tamuntuan juga mengungkapkan dahulunya adalah Balai Pertemuan Umum (BPU) yang dibangun sejak dahulu dan telah memiliki sejarah   hingga saat ini difungsikan sebagai gedung kearsipan dan perpustakaan daerah akan tetap dipertahankan dalam bentuknya dan gedung kearsipan dan perpustakaan nanti disesuaikan.

“Keberadaan gedung BPU yang saat ini digunakan sebagai gedung perpustakaan dan kearsipan daerah telah ada semenjak dahulu dan memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat kabupaten kepulauan sangihe.Karena itu gedung ini akan tetap dipertahankan dalam fisik sejarahnya dan akan disesuaikan dengan pembangunan untuk gedung layanan perpustakaan yang baru,” ungkap  Tamuntuan

Tamuntuan menjelaskan Pembangunan gedung perpustakaan ini sebagai salah satu paket pekerjaan yang telah disetujuai oleh pemerintah pusat untuk dikerjakan oleh pemerintah daerah kabupaten kepulauan sangihe  dari dana DAK 2024 dengan nilai kontrak Rp.9.270.000.000 (sembilan milyar dua ratus tujuh puluh juta rupiah).

“Kepada pelaksana pekerjaan PT.Gelora Megah Sejahtera saya harapkan  dapat melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu.Saya berharap gedung ini nantinya akan dapat dimanfaatkan dengan baik demi kepentingan dari generasi ke generasi untuk sangihe yang lebih baik dam berkualitas,” Pungkas Tamuntuan (Yoss)