oleh

Pj Bupati Rinny Tamuntuan Jadi Irup Peringatan HUT PGRI dan HGN di Enemawira Kecamatan Tabukan Utara

Tahuna -Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan, jadi Irup pada upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dirangkaikan dengan Hari Guru Nasional (HGN) yang ke-78 tahun, Senin (27/11/23).

Bertempat di halaman UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Enemawira, Kecamatan Tabukan Utara Penjabat Bupati dr. Rinny Tamuntuan dalam membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Rizet dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

“Saya yakin bahwa Bapak dan Ibu guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal merdeka belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir,” kata Tamuntuan mengutip sambutan Mendikbudristek.

Dikatakan Tamuntuan pada tahun pertama merdeka belajar menghapus Ujian Nasional dan sepenuhnya memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

“Kita menerapkan Asismen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid,” ujar Tamuntuan.

Lanjut dikatakannya Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan di Indonesia.

“Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar. Selamat Hari Guru Nasional,” Pungkas Tamuntuan.

Pada upacara tersebut juga dilakukan penyerahan piagam untuk peserta apresiasi HGN tahun 2023, siswa berprestasi tingkat nasional serta penyerahan hadiah lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten.

Turut juga dihadiri Asisten III Olga Makasidamo, Kadis Pendidikan Drs.Djolly Mandak, M.Pd., Staf Khusus Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Camat Kecamatan Tabukan Utara Sokrates Markus, S.AP, para Kades, kepala sekolah, dan guru se Kabupaten Sangihe.(Yoss)