oleh

Pertempuran Udara Jarak Jauh Jadi Puncak Latma Elang Ausindo 2023 di Manado

-Manado-564 Dilihat

Manado-Latihan bersama pertempuran udara jarak jauh antara TNI AU dan RAAF menjadi puncak Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 di Manado, Sulawesi Utara di mana seluruh pesawat take off dari Lanud Sam Ratulangi. Selasa (26/9/2023).

Dalam latihan ini, pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF menjadi satu dalam flight gabungan untuk melaksanakan misi Offensive Counter Air (OCA) dan Defensive Counter Air (DCA). Keempat pesawat baik dari TNI AU maupun RAAF terbagi dalam dua tim, yaitu tim merah dan tim biru melaksanakan skenario latihan Beyond Visual Range (BVR) atau pertempuran jarak jauh dengan menggunakan rudal jarak sedang yang dimiliki kedua negara.

Dalam rangkaian latihan ini, seluruh pesawat yang terlibat melaksanakan misi pengisian bahan bakar di udara (air to air refueling) dengan menggunakan pesawat KC-30 RAAF, kemudian melanjutkan misi operasi udara dengan kondisi bahan bakar penuh.

Latihan ini tentunya akan memberikan pengalaman berharga dalam meningkatkan keterampilan dan kerja sama antar kedua negara serta menjadi bukti komitmen Indonesia-Australia memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

Latma Elang Ausindo sudah terjalin sejak 1993, sehingga selama 30 tahun mencerminkan kerja sama yang erat kedua negara dalam menjaga kesiapsiagaan militer untuk menghadapi tantangan keamanan yang kompleks di mana depan. (*/Mal)