Peringati HUT Desa Paslaten Kauditan, Giroth Dikukuhkan Hukum Tua Secara Adat

Minut-Masyarakat Desa Paslaten, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara memperingati Hari Ulang Tahun Desa Paslaten Ke 163. Rabu (09/09/2021).

Bertempat di Balai Desa Paslaten, kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kauditan, para mantan pejabat Hukum Tua, seluruh perangkat desa, sejumlah tamu undangan dan masyarakat Desa Paslaten.

Acara berlangsung hikmat namun tetap melakukan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Menariknya, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Paslaten yang ke 163 ini langsung dirangkaikan dengan acara Pengukuhan Hukum Tua yang digelar secara adat oleh lembaga adat Minahasa Utara.

Pada kesempatan itu, Hukum Tua Desa Paslaten Ferdy Philip Giroth mengatakan, pada HUT yang ke 163, Desa Paslaten akan terus mendukung program-program dari Bupati Joune Ganda, terlebih dalam bidang pariwisata.

“Pertama saya mengucapkan selamat ulang tahun desa Paslaten, semoga desa Paslaten menjadi desa yang lebih baik Sekarang desa Paslaten merupakan desa yang maju, kedepan saya berharap dapat menjadi desa mandiri dan kemudian dipersiapkan menuju desa digital.  Untuk itu saya mengimbau masyarakat terus menunjang setiap program-progeam pemerintah baik dalam pencegahan virus corona dan program pemerintah kabupaten dalam mensukseskan pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara”, ujar Giroth.

Terkait pengukuhan Hukum Tua secara Adat, Giroth mengaku bangga karena acara adat seperti ini sudah tidak pernah lagi digelar sejak puluhan tabun terakhir ini.

“Saya merasa senang dan bersyukur karena saya meruoakan salah satu Hukum Tua yang di kukuhkan secara adat, mengingat acara seperti ini sudah lama sekali tidak pernah di gelar didesa paslaten, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah tergabung dalam mengsukseskan kegiatan ini”, ungkap Giroth.

Diketahui, kegiatan Hut Desa Paslaten Kecamatan Kauditan dimeriahkan oleh Tim Tarian Kabasaran dan Tim kesenian Kolintang. (T3)

Related posts