oleh

Penandatanganan MoU Pemda Kabupaten Morowali Utara Bersama Kejaksaan Negeri Morowali

Morut Sulteng, Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, melakukan penandatangan MoU kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Morowali tentang Pelaksanaan Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum Lainnya bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati. Selasa, (08/08/2023).

Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara dengan Kejaksaan Negeri Morowali ini bertujuan untuk optimalisasi tujuan dan fungsi dalam pelaksanaan dan penyelesaian masalah hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, serta meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah hukum dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik secara litigasi maupun non litigasi.

Dalam sambutannya Bupati Delis menyampaikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri Morowali dan Kacabjari Kolonodale atas dukungan dan kerjasama sehingga semua perencanaan dan realisasi kegiatan pemerintahan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara mengapresiasi kepada Kejaksaan Negeri Morowali dan Kacabjari Kolonodale atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan selama ini sehingga semua berjalan sesuai aturan, pemberian pemahaman dan pencerahan sangat penting sehingga dapat memberikan pengaruh yang sangat baik karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.” Tegasnya

Lebih lanjut Bupati Delis juga menjelaskan terjalinnya kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Morowali dapat memperkuat kerjasama dalam bantuan hukum untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

“Dengan terjalinnya kerjasama ini, segala bentuk permasalahan dengan gugatan hukum apalagi yang memiliki resiko yang besar, saya berharap kita semua bisa melakukan koordinasi dan meminta masukan kepada Kajari sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, karena kerjasama ini hadir bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk mencegah resiko yang tidak kita inginkan.” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kajari Morowali I Wayan Suardi, S.H., M.H, juga menyampaikan bahwa Kejaksaan Negeri Morowali akan sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dalam pelayanan hukum dan memberikan support kerjasama yang sesuai dengan aturan.

“Saya sangat mengapresiasi Bupati Morowali Utara karena telah membuka ruang untuk kita, sehingga kita dapat melakukan kerjasama bantuan hukum, MoU ini bukan untuk mencari kesalahan atau membatasi ruang gerak dalam bekerja tetapi untuk memberikan perlindungan dan pencegahan untuk kita semua agar tidak mengambil keputusan yang salah.” Ujarnya

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara dengan Kajari Morowali dan diskusi bersama Kepala OPD terkait permasalahan hukum yang ada di Lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali Utara.

Nampak hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Morut H.Djira K., S.Pd., M.Pd, Kepala Kejaksaan Negeri Morowali I Wayan Suardi, S.H., M.H, Kacabjari Kolonodale Andreas Atmaji S.H, Sekretaris Daerah Ir. Musda Guntur, MM, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut. (*/John)