oleh

Pemkab Pohuwato Akan Tempatkan Petugas Keamanan di Setiap Puskesmas

Pohuwato –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato kembali memberikan perhatian bagi para tenaga kesehatan (nakes). Kali ini berkaitan dengan kemanan dan kenyamanan dalam menjalankan tugas. Pemkab Pohuwato akan mendirikan pos pengamanan di pintu masuk Puskesmas.

Hal itu di lakukan pemerintah buntut dari insiden pengrusakan Puskesmas di Kecamatan Marisa oleh salah satu warga yang diduga kecewa dengan pelayanan.

Demikian di katakan Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga dalam kegiatan temu bina jajaran tenaga kesehatan yang berlangsung di gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato, Jum’at (18/2/2022).

Dikatakan Bupati, untuk keamanan Puskesmas, Bupati Saipul menegaskan akan menempatkan petugas jaga atau satpol yang stanby dan berusaha setiap Puskes dibangun pos penjagaan untuk keamanan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat.

Tetapi terlepas dari itu semua, pemerintah daerah memberikan apresiasi yang besar terhadap kerja-kerja dari tenaga kesehatan, mengingat bahwa Nakes adalah garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk dalam menyukseskan vaksinasi di daerah.

Pemerintah daerah juga patut merasa bersyukur dengan keluarnya instruksi Mendagri Nomor 11 Tahun 2022, dimana Pohuwato berada pada level 1 PPKM di Gorontalo.

“Apresiasi yang besar juga terhadap peran-peran kepala puskesmas (Kapus), dan seluruh tenaga kesehatan yang selama ini berperan aktif dalam hal tugas kemanusiaan terkait program pemerintah pusat dalam rangka percepatan vaksinasi, termasuk juga peran nakes lainnya dalam melayani masyarakat,” ujar Bupati Saipul dihadapan Kapus bersama perwakilan Nakes.

“Kerja kolektif harus kita maksimalkan untuk melayani kepentingan masyarakat khususnya di bidang kesehaan itu sendiri. Sebagai nakes bagaimana bisa membantu tugas-tugas pemerintah. Untuk capaian vaksinasi khususnya untuk vaksinasi anak, diminta ada edukasi dan pendekatan kepada orang tua, melalui Camat, Kepsek, dan Kapus, imbuhnya. (*/Jono)