oleh

Partai Hanura Sukses Besar di Pemilu Serentak 2024,Golkar Stagnan,PKB Merosot,Perindo dan PBB Gagal

Morut-Proses Rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu Serentak 2024, di Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa dan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) tungkat Kecamatan sudah selesai, bahkan saat ini pleno rekapitulasi di tingkat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Morowali Utara (Morut) sudah dimulai.

Dari hasil perhitungan suara di tingkat PPS dan PPK, konstalasi perolehan kursi Partai-Partai di DPRD Morut, sudah bisa diperkirakan, ada yang sukses besar, ada yang stagnan dan ada pula yang merosot tajam.

Sebutlah salah satunya adalah, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pada periode 2019-2024, partai besutan Osman Sapta Odang (OSO) ini hanya meraih satu kursi, namun pada Pemilu 14 Pebruari 2024 ini, Partai Hanura Morut hampir dipastikan menambah empat kursi menjadi lima kursi.

“Insya Allah dalam Pemilu Serentak ini, Partai Hanura bisa meraih lima kursi, atau bertambah empat kursi dibanding periode lalu,”ujar Sekretaris DPC Partai Hanura Hanura Morut, Yusran, di Kota Kolonodale, Rabu (28/02/2024).

Pada periode lalu, Partai Hanura meraih satu kursi dari Dapil 3 (Lembo, Lembo Raya, Mori Atas dan Mori Utara). Tetapi pada Pemilu Serentak kali, Partai Hanura berhasil merebut, dua kursi di Dapil 1 (Petasia, Petasia Barat dan Petasia Timur), satu kursi di Dapil 2 (Soyo Jaya, Bungku Utara dan Mamosalato), dan dua kursi di Dapil 3 (Lembo,Lembo Raya,Mori Atas, dan Mori Utara).

Satu partai lainnyan yang boleh dibilang sukses, adalah Demokrat yang merebut dua kursi tambahan sehingga di DPRD Morut periode 2024 – 2029 akan mendudukkan tiga legislatornya.

Sementara itu, Partai Golkar stagnan di posisi tujuh kursi yang diraihnya pada pemilu 2019. Tiga kursi disumbangkan Dapil 1, dan masing-masing dua kursi dari Dapil 2 dan Dapil 3.

Sukses Hanura dan Demokrat meraih enam kursi tambahan, rupanya menjepit pergerakan Golkar bahkan ‘membunuh’ dua partai lain yakni Perindo dan PBB yang gagal menggolkan calegnya ke DPRD Morut. Perindo sebelumnya menguasai dua kursi dan PBB satu kursi.

Sukses besar Partai Hanura dan Demokrat ini juga membuat PKB tidak berkutik, sehingga harus legowo kehilangan dua dari empat kursi sebelumnya, alias hanya mampu meraih dua kursi dalam Pemilu Serentak 2024 ini. Begitu juga Nasdem, kehilangan satu kursi, dari empat kursi menjadi tiga kursi.

Sementara itu, PDI- P mempertahankan posisinya di dua kursi dan Gerindra dua kursi.

Bila konstalasi ini tidak berubah, sampai pada hasil final pleno rekapitulasi suara di KPUD Morut, maka kepemimpinan DPRD Morut periode 2024-2029 tetap dipegang oleh legislator Partai Golkar sebagai Ketua, Hanura sebagai Wakil Ketua I, dan Nasdem Wakil Ketua II, unggul jumlah selisih suara dari Demokrat yang juga memiliki tiga kursi.

Berikut ini catatan sementara peroleh kursi DPRD Morut oleh Partai-Partai kontestan Pemilu 2024 :

Anggota DPRD Morut terpilih :

Dapil 1

1. Hj. Warda Mamala (Golkar)
2. Fany Tampake (Golkar)
3. Yaristan Palesa (Golkar)
4. Kisran (Hanura)
5. Arief Ibrahim (Hanura)
6. Wahyu Hidayat (Nasdem)
7. Arman marunduh (Gerindra)
8. Usman Ukkas (Demokrat)
9. Mastang (PKS)
10.Jefisa Putra (PKB)

Dapil 2

1. H. Ahmad Mamala (Golkar)
2. Helen (Golkar)
3. I Wayan Landra (Hanura)
4. H. Ambo Mae (Nasdem)
5. Iktiarsyah (PKB)
6. Jafar (Demokrat)
7. I Wayan Karsana (PDIP)

Dapil 3

1. H. Muhlis Mamala (Golkar)
2. Edwin Tampake (Golkar)
3. Hj. Megawati (Hanura)
4. Heni Humbu (Hanura)
5. Holiliana (Demokrat)
6. Alidin (Gerindra)
7. Gina Silvia Togalami (Nasdem)
8. Esrom Soromi (PDIP)

Dengan Total 25 kursi di DPRD Morut maka;

1. Golkar meraih 7 kursi
2. Hanura 5 Kursi
3. Demokrat 3 kursi
4. Nasdem 3 kursi
5. PKB 2 kursi
6. Gerindra 2 kursi
7. PDIP 2 kursi
8. PKS 1 kursi. (MCDD/NAL)