oleh

Musrenbang RPJPD 2025-2045,Pemkot Tomohon Raih Penghargaan Dari Ombudsman RI

Tomohon-Walikota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. Lilly Solang, M.M. menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025-2045 dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025.

Musrenbang RPJPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2025-2045 dilaksanakan di The Sentra Hotel, Rabu, 24 April 2024.

Kegiatan ini dibuka Gubernur Sulawesi Utara,Prof DR (HC) Olly Dondokambey SE,yang dihadiri jajaran Forkopimda dan stakeholder terkait.

Menariknya Gubernur Olly mengkaitkan Musrembang ini dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Gubernur Olly dalam sambutannya mengatakan arah kebijakan dan sasaran RPJPD dan RKPD akan menjadi acuan kepala daerah dalam menyusun visi misi ke depan.

“Kita ketahui bersama di tahun 2024 ini akan memasuki pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah. Tentunya RPJPD ini akan sangat bermanfaat bagi calon-calon yang akan berkontestasi dalam pesta demokrasi ke depan, karena ini menjadi acuan visi misi calon kepala daerah ke depan,” tukasnya.

Menurut Gubernur Olly pembangunan Sulawesi Utara jangka panjang harus menggunakan paradigma baru yakni melakukan transformasi secara menyeluruh dalam mendorong pencapaian visi Sulawesi Utara emas 2045.

“Dan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia ke asia pasific yang mandiri maju dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Pada Musrenbang ini Pemerintah Kota Tomohon mendapatkan penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia yaitu Peringkat 3 Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023, dengan nilai 92,93 kategori A kualitas Tinggi dan penghargaan pembangunan daerah tahun 2024, untuk kategori kota terbaik, kota Tomohon mendapatkan harapan 1. (*/Bert)