MoU Dengan PT Infotek Global Network, Ini Yang Sudah dan Akan Dilakukan Pemkot

Bitung, Redaksisulut – Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur utama (Dirut) PT. Infotek Global Network Mon Winowoda. Senin, (6/9/2021).

Penandatanganan yang bertujuan untuk mendukung ketersediaan internet di wilayah Pulau Lembeh ini dilaksanakan di tribun Kantor Wali Kota Bitung.

Winowoda menyampaikan bahwa, Pulau Lembeh adalah bagian dari Kota Bitung yang memiliki potensi alam yang luar biasa.

“Jadi dengan adanya kerjasama ini, kami akan membangun infrastruktur telekomunikasi dan informatika dengan layanan internet hingga ke seluruh pelosok pada dua kecamatan di Pulau Lembeh”. Katanya.

Lanjutnya bahwa, untuk kebutuhan internet yang saat ini sangat dibutuhkan dan layanan internet masih belum sepenuhnya menyentuh daerah terpencil jadi kami akan upayakan pemasangan agar warga bisa merasakan serta memanfaatkan layanan internet serta bisa mendapatkan informasi melalui internet.

“Ini sudah jaman teknologi dan ini merupakan kesepakatan bersama dengan Pemkot Bitung dengan visi dan misi menuju kota digital”. Kata Winowoda.

Sementara itu Wali Kota Bitung, dalam kesempatan menyampaikan bahwa untuk transformasi digital tidak akan terjadi jika sebagian besar wilayah di Kota Bitung belum terhubung dengan internet.

“Sesuai dengan visi dan misi Maurits-Hengky dalam menjadikan Bitung Kota Digital dalam program 1000 titik WiFi di Kota Bitung akan segera terealisasi dan sangat berterima kasih kepada PT. Infotek yang sebelumnya sudah bekerja walaupun tanpa adanya MoU”. Ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Franky Sondakh menyampaikan laporan dimana sebelumnya ada 2 provider yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Bitung terkait dengan digitalisasi di Kota Bitung.

“Untuk PT. Infotek Global Network nantinya yang akan memasang, bahkan sebelumnya sudah memasang lewat program CSR, satu titik di kelurahan Lirang, Kelurahan Dorbolaang serta kelurahan Pasir Panjang dan sampai saat ini sudah ada 24 titik yang sudah terpasang”. Kata Sondakh.

Dalam kesempatan Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung Drs. Semuel Muhaling juga menjelaskan bahwa saat ini untuk pemasangan WiFi tersebut diprioritaskan bagi wilayah di pulau Lembeh yang masih masuk Blank Spot.

“Untuk sasaran pemasangan ada 120 titik dan dari 24 titik yang sudah terpasang ada Kelurahan Lirang 5 titik, Mawali 10 titik, Dorbolaang 7 titik dan Pasir panjang ada 2 titik dan titik WiFi akan dipasang di semua RT di Pulau Lembeh dengan target sebelum bulan Desember, 120 titik di Pulau Lembeh sudah bisa online”. Kata Muhaling seraya menyampaikan bahwa Pemkot Bitung melalui Dinas Kominfo akan berkomitmen dalam waktu 3 bulan sudah bisa dinikmati masyarakat Pulau Lembeh.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan, Kepala Satpol PP Forsman Dandel, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bitung Rio Karamoy, Direktur Operasional PT. Infotek Global Network Frangky Tumion, Camat Lembeh Selatan, Camat Lembeh Utara dan jajaran Dinas Kominfo Kota Bitung serta jajaran PT. Infotek Global Network. (Wesly)

Related posts