oleh

Morut Raih Juara di Ajang AOE 2023

Tangerang-Menampilkan produk UMKM, kerajinan tangan, produk pertambangan dan perkebunan. Kabupaten Morowali Utara (Morut)

meraih Juara Stand Terbaik, untuk Kategori Inovatif pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2023 di ICE BSD Tangerang, Provinsi Banten.

Kegiatan tersebut, berlangsung selama 3 hari terhitung dari tanggal 20-22 Juli 2023, yang diikuti sebanyak 150 Kabupaten, se-Indonesia.

Dari Pemkab Morut diikuti Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Selama berlangsungnya ajang pameran, Morut menampilkan produk pertambangan berupa feronickel dari PT GNI, Ada juga beberapa perusahaan tambang yang ikut berpartisipasi terkait video investasi daerah yang di tayangkan di slide video yaitu PT Cocoman, PT Trinusa Dharma Utama (TDU).

Produk perkebunan seperti TBS dan CPO dari PT ANA. Sementara itu, jenis produk UMKM khas Morut yang ditampilkan, antara lain Keripik Boto Boto, Keripik Singkong/ubi dan beberapa Produk UMKM lainnya, seperti produk dari entepreneur muda Bryando Galela, Rica Roa dan Rica Meti.

Atas prestasi yang diraih, Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, memberikan apresiasi kepada Dinas terkait dalam ajang ini yang telah meraih salah satu juara kategori.

“Jangan pernah puas dengan hasil yang diraih, tentunya kedepan kita harus semakin mengembangkan, memperbanyak tampilan produk serta membangun branding produk lokal kita lebih baik kedepan, baik di tingkat nasional maupun internasional, tetap semangat dan terus tingkatkan inovasi,” ujar orang nomor satu di Morut itu.

Bupati Delis, mengatakan, ajang pameran tersebut merupakan sarana mempromosikan produk lokal di ajang nasional. Tak hanya itu, dengan mengikuti kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan meningkatkan inovasi kedepannya, agar produk kerajinan lokal dan hasil bumi di daerah bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat, baik yang di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Sementara itu, penanggung jawab stand pameran AOE 2023, Heince F Tumbel, mengatakan, prestasi yang diraih pada ajang AOE 2023 merupakan komitmen Pemkab Morut, di bawah kepemimpinan Bupati Delis dan Wabup Djira.

“Prestasi ini tentu tak lepas dari komitmen Pemkab Morut, untuk mendorong pelaku UMKM, untuk lebih berinovasi, sehingga menjadi salah satu produk unggulan kita.” tambah Heince.

Sebelumnya ajang pameran yang melibatkan hampir seluruh Kabupaten di Indonesia tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, H Ma’ruf Amin. (Hms/NAL)