Menuju Pilkada 2020, KPU Bitung Gelar Simulasi dan Sampaikan Hal Penting Ini

Bitung, Redaksisulut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Gelar Sosialisasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung tahun 2020 di salah satu Hotel di Kecamatan Maesa, Kota Bitung. Rabu, (11/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Bitung, Deslie Sumampow mengatakan bahwa sosialisasi ini digelar untuk memberikan gambaran kepada masyarakat pemilih soal pengaturan pemungutan suara yang menyesuaikan dengan protap kesehatan pencegahan Covid-19.

“Dalam proses pemilihan dan penghitungan suara nanti ada banyak yang berubah dimana akan menyesuaikan dengan protap kesehatan pencegahan Covid-19, salah satunya ukuran TPS berubah dimana pada sebelumnya berukuran 8×10 Meter, sekarang 10×12 Meter dan maximal 12×12 Meter”. Katanya.

Lanjutnya bahwa dalam 1 TPS maximal 500 orang pemilih karena mengikuti protap kesehatan Covid-19 dan untuk pemilih, KPU Bitung telah menyediakan tempat cuci tangan serta sarung tangan sekali pakai.

“Dalam Pilkada kami utamakan keselamatan semua orang jadi dalam proses pemilihan dan penghitungan suara nanti kami mengikuti protokol Kesehatan”. Tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan kegiatan Media Gathering, dalam rangka persiapan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara bersama dengan Jurnalis Biro Bitung.

Dalam kegiatan yang dipimpin Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Bitung, Idhli Ramadhiani, menyampaikan basic teknis peliputan dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS yang akan digelar besok hari, Kamis 12 November 2020, di samping Stadion Duasudara, Kelurahan Manembo-Nembo Tengah, Kecamatan Matuari.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh mengapresiasi KPU Kota Bitung.

“Sangat mengapresiasi teman-teman KPU Kota Bitung, dimana telah merancang dan mempersiapkan kegiatan simulasi dalam massa pandemi covid-19”. Kata Mewoh.

Ia juga mengatakan bahwa dalam teknis peliputan bagi wartawan menyampaikan agar supaya KPU Kota Bitung bisa mengatur mekanisme dalam peliputan karena Protokol kesehatan dalam pelaksanaan simulasi nanti sangat penting.

“Ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang cara dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di TPS, dimana dengan adanya sumbangsih dari teman-teman pers dapat melanjutkan informasi ini kepada masyarakat, untuk itu kiranya informasi penting ini dapat terserap oleh masyarakat dan sangat berharap pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, dapat menjamin keselamatan dan kenyamanannya serta dapat terlaksana dengan baik”. Tambahnya. (Wesly)

Related posts