oleh

Jelang Nataru, Dishub Kota Tomohon Lakukan Rekayasa Arus Lalulintas

Tomohon-Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tomohon melakukan sejumlah rekayasa arus lalulintas, agar terhindar dari kemacetan.

“Untuk pengendara yang hendak menuju luar kota dan tidak memiliki kepentingan di pusat kota, sebaiknya tidak melewati pusat kota itu,” ujar Kepala Dishub Kota Tomohon Robby Kalangi, pada konferensi pers yang difasilitasi Bagian Prokopim Setda Kota Tomohon, Jumat (14/12/2023).

Dia menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di jalur pusat kota atau sekitar Menara Alfa Omega, yang selalu ramai pengunjung yang hendak berbelanja persiapan Natal, juga adanya pedagang musiman.

Adapun sejumlah jalur alternatif, diantaranya kendaraan dari arah selatan hendak menuju barat (Tanahwangko) atau utara (Manado) bisa menggunakan jalan depan Polres Tomohon ke lingkar barat. Juga sebelum menara Alfa Omega, belok kiri ke arah menara jam Kolongan.

“Kemudian kendaraan arah utara hendak menuju Tondano, belok kiri masuk jalan lingkar timur. Juga bisa belok kiri di perampatan GSJA Talete,” jelas Robby.

Lanjut dia, selain rekayasa lalu lintas instansinya juga menyiapkan lokasi parkiran sementara yang berada di ruas jalan depan Wale Syaloom Kolongan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya Kepadatan kendaraan di kawasan pusat kota maka kita akan berlakukan parkir kiri dan kanan ruas jalan untuk sementara waktu saja,” kata Kalangi.

Selain itu, ada langkah antisipasi lainnya, Dishub bekerja sama dengan polisi lalu lintas Polres Tomohon, akan juga memasang papan informasi di beberapa titik pintu masuk Kota Tomohon, sebagai bentuk pemberitahuan bagi kendaraan yang tidak punya kepentingan di pusat kota agar bisa mengikuti jalur alternatif yang sudah disiapkan atau jalan lingkar untuk menghindari penumpukan kendaraan .

“Pada H-1 sebelum natal dan tahun baru kita akan siagakan aparat di lokasi pasar untuk mengatur lalu lintas kendaraan yang keluar masuk,” ungkap Kalangi. (Bert)