Menjadi Kebanggaan, Humiang Dalam 71 Hari Berhasil Upayakan 2 Proyek Besar Tanpa Gunakan APBD

Bitung, Redaksisulut – Menjadi satu kebanggaan, Edison Humiang Penjabat Sementara Wali Kota Bitung dalam masa tugas 71 hari dapat mengupayakan proyek fisik tanpa menggunakan dana APBD.

Diketahui, selama menjabat, Humiang berhasil mengupayakan 2 proyek fisik senilai puluhan juta tanpa menggunakan dana APBD yakni pengadaan jaringan listrik PLN ke pemukiman Limangu, Kelurahan Pancuran, Kecamatan Lembeh Selatan dan pembangunan kembali dermaga penyebarang Ruko Pateten yang telah 7 bulan tidak diperhatikan Pemerintah Kota Bitung.

Hal ini disampaikan Pjs Wali Kota Bitung di sela-sela acara ibadah pamitan bersama keluarga dan stafnya di ruangan kerja kantor Wali Kota Bitung. Jumat (4/12/2020).

“Sudah puluhan tahun masyarakat Limangu sangat mengharapkan masuknya aliran listrik PLN dan saya berhasil meyakinkan pihak PLN serta masyarakat bahwa sebelum tanggal 9 Desember aliran listriknya sudah harus menyala”. Katanya.

Ia mengatakan bahwa waktu pemasangan jaringan kabel PLN sempat mengalami hambatan oleh masyarakat.

“Masyarakat pemilik kelapa dan cengkih sempat komplain karena biaya ganti rugi pohon yang ditebang terlalu kecil, namun saya sampaikan kepada mereka, bersyukurlah saya bisa upayakan ganti rugi dengan biaya bukan dari APBD, karena kalau ikut aturan, mestinya tidak ada ganti rugi karena pembangunan jaringan listrik ini untuk kepentingan umum. Alhasil, para pemilik pohon kelapa dan cengkih bisa memahami dan bersedia tanaman mereka untuk ditebang”. Kata Humiang.

Sementara itu di proyek yang kedua dermaga penyeberangan Ruko Pateten yang ambruk sejak 7 bulan lalu, berhasil dibangun kembali dengan dana sumbangan dari pihak ketiga.

“Ini murni sumbangan. Tidak ada dana APBD untuk mengecor dermaga tersebut”. Tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dermaga ruko Pateten adalah tempat berlabuhnya perahu motor taksi rute Ruko-Lembeh yang dibangun pada tahun 1990 dan karena sudah cukup lama, bagian dermaga yang disandari perahu motor dari kelurahan Batulubang dan Paudean ini ambruk.

Melihat hal ini, Humiang bersama beberapa relawan dengan secara sukarela memberikan sumbangan material dan tenaga untuk membangun kembali bagian dermaga sebelah barat.

“Kedua proyek tersebut merupakan sumbangsih bagi warga pulau Lembeh dimasa tugas selama 71 hari sebagai Pjs Wali Kota Bitung”. Kata Edison.

Dalam ibadah dipimpin Pdt. Yessy Kotambunan, STh dan dihadiri keluarga besar Humiang-Muhaling, staf Wali Kota, staf khusus, aspri, sespri, ajudan dan beberapa undangan terbatas lainnya. (Wesly)

Related posts