oleh

Lima Pedayung Putri Morut Disiapkan Bertarung di Pra-PON Karawang Jabar

Morut-Lima atlet dayung remaja putri Kabupaten Morowali Utara ( Morut) Sulteng, menjadi pusat perhatian dalam ajang kejuaraan Terbuka Nasional Dragon Boat Teluk Tomori 2023.

Kejuaraan yang berlangsung di perairan Tanggul Pelangi Kolonodale diikuti 16 tim, termasuk pedayung tangguh dari Sultra, Sulsel, Kaltim, dan Sulteng sendiri.

Lima pedayung remaja putri tersebut, kini tengah mengikuti pemusatan latihan untuk bertarung pada babak kualifikasi PON (pra-PON) November 2023 di Karawang, Jawa Barat.

Kelima atlet putri tersebut, adalah Sintikhe Mangera ( Bunta), Nurul Iftitah Adam (Papoji, Kolonodale), Sri Sadri Indah Lestari (Baturube), Indar (Gililana), dan Sintia (Londi).

Setiap kali pelatih dayung Morut, Jordan Yorry Moula, menyebut nama mereka, penonton di sepanjang Tanggul Pelangi langsung menyambut gembira. Mereka bersorak dan bertepuk tangan.

Ini bisa dimaklumi. Meski usia mereka masih remaja, atlet dayung yang terus berlatih di perairan Teluk Tomori ini, sudah menorehkan prestasi gemilang yang mengharumkan nama Morut.

Prestasi itu diraih dalam Kejuaraan Nasional Dayung U-15 dan Junior di Pekanbaru, Provinsi Riau, Juni 2023. Atlet Sintikhe Mangera dan Nurul Iftitah Adam berhasil meraih medali emas nomor Canoe Double (C2).

Selama perlombaan Dragon Boat dan Katinting Race Teluk Tomori digelar 13 s/d 18 Oktober 2023, para atlet remaja putri kebanggaan Morut ini terus berlatih di sela-sela kejuaraan itu.

Mereka mendayung perahu mini (canoe) masing-masing dibawah bimbingan coach Yorry.

Sebelum dan sesudah turun ke laut, kelima pedayung ini melaksanakan pemanasan (warming-up) agar tubuh mereka tidak kaku. Gerakan mereka ini menjadi tontonan menarik.

“Anak-anak ini sangat potensial untuk bertarung di level Nasional. Mereka semua pedayung berbakat. Mohon dukungan masyarakat Morut agar ke depan mereka lebih sukses,” ujar Yorry.

Sementara itu, Sekretaris PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Morut, Muh Ridho Hamzah, mengatakan, keberhasilan para atlet dayung putri Morut ini, tak terlepas dari dukungan penuh Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS dan Wabup Morut yang juga Ketua PODSI Morut, H Djira K SPd MPd.

Ridho, mengatakan, Bupati Delis berharap agar para atlet dayung di daerah ini, bisa terus dibina dan dilatih agar menjadi atlet tangguh dan berprestasi.

” Pak Bupati sangat mensupport dan mendukung penuh pembinaan olahraga dayung di bumi tepo asa aroa tercinta ini,” kata Ridho. (Hms/NAL)