oleh

Lantik 55 Kepala Sekolah, Ini Pesan Wabup Suharsi

Pohuwato-Pemerintah kabupaten Pohuwato melakukan penyegaran atau rolling jabatan Kepala sekolah (Kepsek) di lingkungan Dinas Pendidikan Pohuwato.

Sebanyak 55 Kepala Sekolah TK, SD serta Penilik di lingkungan Pemkab Pohuwato di lantik oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa.

Dari 55 orang Kepala Sekolah dan Penilik yang dilantik terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) 38 Kepsek, Sekolah Dasar (SD) 8 Kepsek, serta 9 Penilik.

Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan kepala sekolah dilaksanakan di Gedung Panua Kantor Bupati, Selasa (25/7/2023).

Pelantikan tersebut juga dihadiri serta disaksikan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Sekda Iskandar Datau, Kepala BKPSDM, Supratman Nento, Kadis Pendidikan, Ikbar AT. Salam, Inspektur Daerah, Muslimin Nento, Kepala DPM PTSP, Fikri Adam.

Dalam sambutannya Wabup Suharsi Igirisa mengucapkan selamat kepada kepala sekolah dan penilik yang telah dilantik pada lembaga pendidikan non formal.

“Pemberian tugas ini tentunya merupakan sebuah apresiasi dan penghargaan atas prestasi dan kinerja yang telah dicapai oleh bapak ibu dalam menjalankan tugas selaku aparatur sipil negara dalam hal ini sebagai seorang tenaga pendidik”,kata Wabup Suharsi.

Dikatakannya pula, menjadi seorang kepala sekolah tentunya bukanlah hanya sesuatu yang normatif dan juga bukan hanya sebuah tugas tambahan. Tetapi merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan  secara totalitas dalam penyelenggaraan pendidikan disetiap unit satuan pendidikan atau sekolah yang di pimpinnya.

“Kepala sekolah harus berupaya untuk dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan, menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, mengimplementasikan kurikulum pembelajaran terkini dan juga melakukan pembinaan dan pembentukan profil pelajar pancasila yang berkarakter baik”,jelas Suharsi.

Selain itu tambah Wabup Suharsi Igirisa, kepala sekolah juga harus mampu melakukan komunikasi dengan stakeholder terkait termasuk semua elemen pemangku kepentingan, staf dewan guru dan orang tua siswa untuk mendukung program sekolah.

“Saya berharap kiranya bapak ibu kepala sekolah dan juga penilik yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan saya pula berharap kepercayaan yang diberikan ini benar-benar dilaksanakan secara efektif dan efisien”,pungkas Wabup Suharsi Igirisa.(*/Ain)