Kunjungi Pohuwato, Penjabat Gubernur Gorontalo Disambut Adat Mopotilolo

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di dampingi Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga  di sambut dengan adat Mopotilolo  (Foto Ist.)

Pohuwato – Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, Hamka Hendra Noer secara tegas mendukung penuh penanganan kasus Korupsi yang saat ini sedang bergulir di Provinsi Gorontalo lebih khusus di Kabupaten Pohuwato.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat melakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Pohuwato, bertempat di Rumah Dinas Bupati Pohuwato, Senin (23/5/2022).

Dikatakan Pj Gubernur, selain itu dirinya mengapresiasi akan Daerah dengan julukan bumi panua tersebut, dimana menurutnya pohuwato merupakan kabupaten yang luar biasa.

“Kita akan bangun bersama, yang terpenting kolaborasi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Pohuwato,” Ujar Pj Gubernur.

Sebelumnya, kedatangan Pj Gubernur disambut oleh Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga dengan prosesi adat Mopotilolo merupakan rangkaian adat bagi pejabat tinggi negara yang baru pertama kali datang ke wilayah yang ada di Provinsi Gorontalo.

Dimana rangkaian adat itu diawali dengan Mopolahu Toutaeya atau mempersilakan turun dari kendaraan, Mopodiyambango (Mempersilahkan melangkah), Mopotupalo (Mempersilahkan masuk kepintu gerbang), Mopobotulo (Mempersilahkan naik tangga adat Tolitihu), Mopotuwoto (Mempersilahkan masuk).

Bupati Saipul Mbuinga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Gorontalo yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pohuwato dalam rangkaian kunjungan kerja ke kabupaten paling ujung barat Provinsi Gorontalo.

“Sebagai pejabat Negara yang pertama kali datang ke Pohuwato tentu kami selaku pemerintah bersama pemangku adat melakukan upacara adat mopotilolo yang alhamdulillah berjalan sukses,” jelas bupati Saipul. (*/Siti)

Related posts