oleh

KPUD Morut Gelar Rakor, Penyerahan DCT Anggota DPRD Morut Pemilu Serentak 2024

Morut -Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Morowali Utara (Morut), menggelar Rapat Kordinasi (Rakor), sekaitan dengan penyerahan surat keputusan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Morut pada Pemilu serentak tahun 2024, dikantor KPUD Morut, Jumat (03/11/2023).

Hadir dalam rakor tersebut, Ketua KPUD Morut, Rudi Hartono, Ketua Bawaslu  Morut, John Libertus Lakawa, KBO Sat Intelkam Polres Morut, Ipda Firman, Perwakilan Kesbangpolda Morut, Jefri Tapehe, Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Morut, Niklus Motifer Pe’a SH, Kordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Morut, Sudarto Ruslan, Kordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPUD Morut, Hartati, Kordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPUD Morut, Miftahul Haerina, Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Dan Hubungan Masyarakat, Jasman Lamole, dan Perwakilan Pengurus Partai Politik Parpol (Parpol) yang ada di Morut.

Ketua KPUD Morut, Rudi Hartono, dalam sambutannya, mengatakan, secara keseluruhan
DCT anggota DPRD Morut yang ikut berkontestasi pada Pemilu serentak 2024, sebanyak 307 orang, terdiri dari 200 laki-laki dan 107 perempuan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Morut, John Libertus Lakawa SKM, menjelaskan, penyerahan SK DCT di masing-masing Parpol, semoga semuanya sudah memenuhi syarat untuk dapat mengikuti kampanye pada Pemilu serentak 2024.

“Kami menghimbau kepada seluruh Parpol yang berkontestasi, untuk segera melakukan kordinasi lebih lanjut, terkait kegiatan yang akan dilaksanakan pasca penetapan DCT. Mulai tanggal 04 – 27 November 2023, sangat di harapkan seluruh baliho sudah di bersihkan, sebelum di lakukan penertiban dari pihak yang berwenang, ” jelasnya.

KBO Sat Intelkam Polres Morut, Ipda Firman, juga berharap agar seluruh Parpol yang ikut berkompetisi, bisa menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, sehingga nantinya dapat melahirkan pemimpin sesuai dengan harapan masyarakat banyak, ” ujarnya.

Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Morut, Niklus Motifer Pe’a, SH, mengucapkan terima kasih kepada Parpol peserta Pemilu, karena bisa menjalankan seluruh tahapan dan mekanisme yang ditetapkan.

Adapun jumlah anggota di masing-masing Dapil :
Dapil 1 : 134 Orang
Dapil 2 : 77 Orang
Dapil 3 : 96 Orang

“Kami berharap, APK yang masih terpasang hingga saat ini, supaya bisa ditertibkan. Pihak KPUD akan melakukan pencetakan sebanyak 125 baliho, yang akan di sebar di 122 Desa dan 3 Kelurahan, termasuk 10 baliho di 10 Kecamatan diMorut.

Ia mengatakan, sejak 03 November 2023 KPUD Morut juga, telah melakukan pencermatan baik nama maupun gelar dari masing-masing anggota Parpol, yang telah di tanda tangani oleh Ketua Parpol .

Diakhir kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan SK DCT kepada masing-masing Parpol. (*/NAL)