oleh

KPUD Morut Gelar PSU Pemilu Serentak 2024 di TPS 003 Onepute

Morut-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Morowali Utara (Morut), menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu Serentak 2024, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 003 Desa Onepute Kecamatan Petasia Barat, Kabupeten Morut, Sabtu ( 24/02/2024).

PSU di TPS 003 Onepute dilakukan, menyusul adanya rekomendasi dari Panwascam Petasia Barat kepada PPK Petasia Barat, kemudian diteruskan secara berjenjang kepada KPUD Morut, terkait adanya temuan salah satu warga yang secara administratif kependudukan tidak memiliki KTP Desa Onepute Kabupaten Morut, dan menggunakan KTP daerah asal Kabupaten Konawe, menyalurkan hak pilihnya sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK), dengan mencoblos 5 kertas surat suara pada voting day 14 Pebruari 2024.

Ketua KPUD Morut, Rudi Hartono, dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan, disela – sela pelaksaan PSU di TPS 003 Balai Desa Onepute, menjelaskan, setelah mencermati, mengkaji, dan membahasnya secara mendalam, pada rapat pleno yang dilakukan sebelumnya. KPUD Morut, memutuskan untuk mengeluarkan surat keputusan Nomor 415 tentang penetapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Morut, sebagaimana yang tercantum dalam konsederan menimbang dan menetapkan, untuk melakukan PSU di TPS 003 Desa Onepute Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morut, Sabtu 24 Pebruari 2024.

“Harapan kami, dalam pelaksanaan PSU ini, semua elemen masyarakat, termasuk rekan – rekan Jurnalis, dapat mengambil peran secara bersama – sama untuk mengawal dan memastikan, proses PSU bisa berlangsung sukses dan lancar. Kami menyadari betul Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada masih sangat terbatas, sehingga kami membutuhkan dukungan positif dari semua elemen masyarakat, ” jelas Rudi Hartono.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah Caleg di Dapil 1, yang bersaing secara ketat untuk memperebutkan suara di PSU TPS 003 Onepute.

Jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT di TPS 003 Onepute sebanyak 206 orang. sementara itu, ketersedian surat suara sejumlah 211 surat suara plus tambahan 2 persen. (NAL)