oleh

KPU Sulut Gelar Media Gathering, Bahas Tahapan Pilkada 2024

-Sulut-595 Dilihat

Sulut-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Media Gathering Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2024, bertempat di Kawasan Mega Mas Manado.Rabu (1/5/2024).

Plh Ketua KPU Provinsi Sulut, Awaluddin Umbola menjelaskan media gathering ini bagian dari festival yang digelar KPU Sulut sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada 2024 di Sulut telah dimulai.

“Kita sudah bergeser dari Pemilu ke Pilkada,” imbuhnya.

Diapun menerangkan saat ini KPU sementara dalam tahapan seleksi badan adhoc PPK. Dan mulai Kamis (2/5/2024) besok akan dibuka tahapan seleksi PPS.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, salah satunya Dr Ferry Liando. Menurutnya upaya KPU melibatkan pers dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada sudah tepat. Dimana media menjadi stakeholder penting guna memastikan proses Pilkada berjalan dengan baik.

“Selain membantu teman-teman KPU dalam mempublikasikan kegiatan, tapi yang terpenting ini bagian dari komitmen KPU dalam menjalankan tahapan selalu transparan dan terbuka, termasuk (menerima) masukan, saran dan koreksi,” tukas Liando.

Dekan FISIP Unsrat itu juga memaparkan tantangan-tantangan yang bakal dihadapi dalam tahapan Pilkada 2024, dimana ini menjadi kali pertama Pemilu dan Pilkada dilaksanakan pada tahun yang sama.

“Kemungkinan ada tahapan pemilu yang belum selesai sementara tahapan Pilkada sudah harus berjalan,” tuturnya.

Tantangan bagi KPU Sulut juga bagaimana menyediakan badan adhoc, pengelolaan anggaran serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub tahun 2024.

Selain itu, Liando menyebut undang-undang pemilu yang belum direvisi juga akan berdampak pada pelaksanaan Pilkada.

Narasumber lainnya, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Reidi Ferdinand Sumual mengingatkan KPU Sulut tentang kegiatan-kegiatan termasuk debat capres, dimana perlu dipersiapkan secara matang. Dia menyebut ada beberapa pelanggaran yang terjadi pada saat Debat Calon Presiden beberapa waktu lalu, sehingga diharapkan tidak terjadi pada pelaksanaan debat calon kepala daerah di Sulut nantinya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu mengatakan dalam kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan Festival terkait anggaran. Dimana baik KPU Provinsi Sulut serta Kabupaten/Kota juga menyampaikan informasi terkait anggaran Pilkada sebagaimana yang disepakati dalam NPHD bersama Pemerintah.

“Mari sama-sama kawal kami dalam penggunaan anggaran pilkada. Sukses tahapan pilkada juga sukses administrasinya,”tukas Ointu.

Dia menegaskan sebagaimana komitmen KPU Provinsi Sulut untuk menggunakan dan mempertanggungjawabkan anggaran Pilkada sebaik mungkin.

KPU Kabupaten/Kota di Sulut juga turut memeriahkan Festival Pilkada serentak yang digelar KPU Sulut, dengan mendirikan stand pameran. (*/J.Mo)