oleh

KPU Minut Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Dialog Bersama Forkopimda, Awali Semangat Baru Demokrasi

-Berita, Minut-760 Dilihat

Minut-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara resmi meluncurkan Tahapan Pilkada 2024 dalam sebuah acara meriah yang diadakan di Lapangan Airmadidi Atas. Senin, (10/06/2024).

Acara ini turut dimeriahkan dialog bersama unsur Forkopimda Minahasa Utara, menghadirkan Bupati Joune Ganda, Kejari Edmon N. Purba, Kapolres AKBP Dandung Putut Wibowo, dan Dandim 13/10 Bitung Minut Letkol Czi Hanif Tupen sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Bupati Joune Ganda menegaskan komitmen penuh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada hingga tahap pemungutan suara pada 27 November nanti. Dukungan ini tidak hanya bersifat finansial, tetapi juga mencakup upaya untuk memastikan pelaksanaan demokrasi yang aman dan damai.

“Cinta kita pada daerah harus diwujudkan dengan mendukung proses demokrasi. Kami berkomitmen mendukung setiap kegiatan demokrasi, khususnya Pilkada,” tegas Bupati Ganda.

Ketua KPU Minut, Hendra Lumanauw, dalam sambutannya menyatakan bahwa peluncuran tahapan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat Minahasa Utara bahwa persiapan Pilkada telah dimulai. KPU Minut berkolaborasi erat dengan Forkopimda untuk memastikan setiap tahapan, baik persiapan maupun penyelenggaraan, berjalan lancar.

“Partisipasi masyarakat adalah kunci, dan kami menargetkan 131 desa, termasuk desa kepulauan, untuk ikut serta dalam proses demokrasi ini,” ujarnya.

Hendra Lumanauw juga menjelaskan bahwa KPU Minut telah melakukan pemetaan TPS, dengan total 352 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten.

“Kami terus memutakhirkan data pemilih dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk memastikan kelancaran Pilkada,” tambahnya.

Tantangan yang dihadapi KPU, seperti yang dialami pada Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19, telah membentuk KPU Minut menjadi lebih tangguh dan siap menghadapi Pilkada 2024.

Acara ini dimeriahkan artis nasional Anji, artis lokal, pentas seni budaya Minut dan berbagai lomba, lari, Line dance dan mobile legends.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Minahasa Utara Denny K. Lolong, Ketua Bawaslu Minahasa Utara Rocky Marciano Ambar, serta berbagai tokoh penting lainnya.

Dengan semangat kebersamaan dan dukungan penuh dari berbagai pihak, Minahasa Utara siap menyongsong Pilkada 2024 dengan optimisme tinggi, berharap setiap langkah menuju demokrasi dapat berjalan dengan sukses dan memberikan hasil terbaik bagi seluruh masyarakat. (*/T3)