KPU Minut Gelar Simulasi Pendaftaran Cabup-Cawabup

MINUT -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara melakukan kegiatan simulasi pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, pada Pilkada serentak Tahun 2020, Kamis (3/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Minahasa Utara Stella Runtu mengatakan, pembukaan pendaftaran bacalon Bupati dan Wakil Bupati, tanggal 4 sampai 6 September 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan, atau sesuai standar Gugus Tugas Covid-19.

“Kita sudah buat SOP yang harus dipatuhi oleh semua bakal pasangan calon. Yang boleh masuk ke ruang pendaftaran hanya yang berkepentingan,” ujar Runtu

Selain itu Runtu juga mengatakan, pada pendaftaran nanti hanya bakal calon bersama pasangannya, suami atau istri, Liaison Officer (LO) atau tim penghubung, ketua tim kampanye, serta pimpinan partai pengusung yang diperbolehkan masuk ke lokasi pendaftaran.

“Yang berkepentingan itu maksudnya pasangan calon dua orang perwakilan dari partai pengusung yakni ketua dan sekretaris partainya tapi ini fleksibel tergantung partainya mau mengutus siapa. Tapi yang jelas masing-masing partai pengusung itu hanya boleh dua orang,” jelasnya.

Selanjutnya, terkait protokol kesehatan, komisioner KPU Hendra Lumanauw menjelaskan, sebelum masuk keruang pendaftaran, pasangan calon membawa alat tulis sendiri serta berkas pendafataran harus dimasukkan kedalam plastik atau bahan yang anti cairan.

“Berkas pendaftaran yang dimasukan kedalam wadah tahan air, akan disemprot desinfektan oleh petugas KPU sebelum dibawah kedalam ruang pendaftaran. Disamping itu, pasangan calon dan rombongan wajib diukur suhu tubuh dengan termogun dan mengenakan sarung tangan streril yang sudah disediakan KPU”, kata Lumanauw

Setelah itu Lumanauw menambahkan, setiap pendukung pasangan calon juga hanya dibatasi untuk masuk ke kawasan kantor KPU. Jika massa lebih dari jumlah yang ditentukan, maka massa harus berada di luar pagar halaman KPU dan akan dijaga oleh aparat keamanan.

“Kita mengakomodir yang boleh sampai halaman itu kita batasi, dan yang diijinkan masuk ke halaman KPU hanya yang memiliki ID card. Yang tidak memiliki ID card harus di luar pagar dan itu kita akan koordinasikan dengan pihak keamanan,” tambahnya.

Sedangkan jadwal pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Minut 2020 akan dibuka selama tiga hari, yakni dimulai pada Jumat (4/9/) hingga Minggu (6/9/), dan untuk Jumat (4/9) dan Sabtu (5/9) akan dibuka mulai pukul 08.00 Wita – 16.00 Wita Sedangkan untuk hari Minggu dibuka pukul 08.00 Wita – 24.00 Wita. (T3)

Related posts