oleh

Kerjasama Dengan PT SPN, Kelompok Tani Anggrek Berdikari Tabarano Lakukan Gerakan Panen Jagung Perdana

Morut-Bupati Morowali Utara (Morut) diwakili Camat Mori Utara, Wan Adrian Bamotiwa, SE menghadiri kegiatan Gerakan Panen Jagung Perdana Kelompok Tani Anggrek Berdikari di Desa Tabarano Kecamatan Mori Utara, Kabupaten Morut, bekerjasama dengan PT Sinergi Perkebunan Nusantara (SPN), Rabu (27/03/2024).

Bupati Delis, dalam sambutan tertulisnya dibacakan Camat Mori Utara, Wan Adrian Bamotiwa, mengatakan panen jagung perdana bekerjasama dengan PT SPN merupakan upaya dalam mendukung program inovasi Pemerintah dalam Pengembangan Jenis Komoditas Unggul (PAJEKO).

“Program kerjasama dan pemberian bantuan benih padi unggul, merupakan bentuk dukungan Pemda pada usaha masyarakat di bidang pertanian, dalam mendongkrak perekonomian dan ketahanan pangan. ” katanya.

Sementara itu, Kadis Pertanian diwakili Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian, Jasrion Ampugo, SP menjelaskan, panen perdana yang terlaksana di Kecamatan Mori Utara tersebut, merupakan hasil dari inovasi Pemda Morut bekerjasama dengan banyak Perusahaan, salah satunya telah membuahkan hasil adalah kerjasama dengan PT SPN.

Ia kembali, menjelaskan, Dinas Pertanian dalam memberikan dukungan bagi pencapaian visi misi Pemda Morut, melaksanakan pekerjaan yang terstruktur dan terukur dalam menunjang ketahan pangan dengan menetapkan target pencapaian di bidang Pertanian.

“Dalam mendukung ketahan pangan, kita tidak sekedar berkebun, tidak sekedar bertani, tidak sekedar menyusun laporan, tetapi kita memiliki target yang harus dicapai.” jelasnya.

Direktur PT SPN, diwakili Kabag Operasional, Wisetyo Sasongko, mengungkapkan, sebagai sebuah perusahaan BUMN, PT SPN tentunya memiliki kewajiban dalam melaksanakan hubungan kerjasama dengan Pemerintah dalam bidang Pertanian, kerjasama yang terjalin juga pastinya untuk kepentingan bersama dengan harapan panen perdana bisa terlaksana dengan baik, dan berkelanjutan serta mendapatkan hasil yang dapat menunjang perekonomian di masyarakat.

Kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan benih padi unggul dan diskusi bersama sejumlah kelompok tani di Kecamatan Mori Utara.

Hadir mendampingi Camat Mori Utara, Wan Adrian Bamotiwa SE, Kadis Pertanian diwakili Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian Jasrion Ampugo, Direktur PT SPN di wakili Kabag Operasional, Wisetyo Sasongko, Danramil 1311-05/Mori Atas diwakili Serma Herdianto, Penyuluh Pertanian, serta anggota kelompok Petani Anggrek Berdikari. (Diskominfo/NAL)