oleh

Jelang Puncak Peringatan HUT RI Ke-78, Pemkab Pohuwato Gelar Gladi Kotor

Pohuwato-Banyak agenda yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satunya adalah upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang akan dilaksanakan di  Lapangan Mapolres Pohuwato, pada Kamis (17/08/2023) mendatang.

Sebelum pelaksanaannya,Senin (14/08/2023) dilakukan gladi kotor upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

Gladi kotor itu diikuti Bupati Pohuwato,Saipul A. Mbuinga,Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Kapolres Pohuwato, AKBP. Joko Sulistiono, Kakan Kemenag Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, pimpinan OPD.

Berdasarkan pantauan para peserta mulai dari unsur TNI-Polri maupun pelajar nampak begitu antusias mengikuti jalannya pelaksanaan gladi kotor tersebut.

Petugas yang terdiri dari Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka),pasukan TNI-Polri hingga kelompok paduan suara melakukan persiapan dan memasuki lapangan upacara.

Pada gladi bersih tersebut, diperagakan berbagai rangkaian upacara dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, mulai dari pengibaran hingga penurunan duplikat bendera pusaka.

Bupati Saipul Mbuinga bertindak selaku inspektur upacara pada penaikan bendera dan Wabup Suharsi pada upacara penurunan bendera. Gladi kotor detik-detik proklamasi dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, yang kemudian dilanjutkan pula dengan upacara penurunan bendera.

Pantauan di lapangan, gladi dimulai dengan kirab pasukan pembawa bendera pusaka memasuki lapangan upacara membawa bendera dan diterima Ketua Panitia,Bahari Gobel. Tepat pukul 10.00, gladi kotor dimulai dengan anggota paskibraka menghadap inspektur dan menerima bendera untuk dibentangkan.

Sementara untuk penurunan bendera,Wabup Suharsi yang bertindak selaku inspektur menerima bendera dari anggota paskibraka. Sesi latihan untuk persiapan gladi bersih Selasa, 15 Agustus besok berjalan lancar.

Usai upacara, persiapan terkait tempat acara masih berlangsung. Sejumlah petugas tersebar di beberapa titik disekitar Mapolres Pohuwato menyusun ornamen-ornamen upacara HUT ke-78 RI sampai dengan pemasangan tenda.

Pun demikian mobil tangki dari BPBD siap ditempat menyiram halaman Mapolres yang dilalui oleh paskibraka, karena saat ini kondisi musim panas disertai angin sehingga abu beterbangan di mana-mana dan sangat mengganggu peserta upacara maupun petugas dan para undangan. (*/Ain)