oleh

Jelang Mudik Lebaran, Satlantas Polres Morut Cek Kondisi Ruas Jalan di Perbatasan Sulteng – Sulsel

Morut-Jelang mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Polres Morowali Utara (Morut), melalui Satuan Lalu Lintas ( Satlantas) Polres Morut, melakukan pengecekan secara langsung, khususnya di sejumlah ruas jalan yang akan dilalui para pemudik nantinya.

Tujuannya untuk memastikan kelancaran serta keamanan bagi para pemudik saat melakukan perjalanan untuk berlebaran di kampung halamannya nantinya.

Pengecekan sejumlah ruas jalan tersebut, di pimpin langsung Kasatlantas Polres Morut, AKP Arta Dwi Kusuma, STK SIK MH.

Ruas jalan Trans Sulawesi tepatnya di jalur menuju perbatasan Provinsi Sulawesi Tengah ( Sulteng) dengan Provinsi Sulawesi Selatan ( Sulsel) yang menjadi titik sasaran pengecekan.

“Kami sudah melakukan pengecekan kondisi jalur arah Beteleme menuju Batas Provinsi Sulteng, yang kemungkinan besar akan dilalui oleh para pemudik jelang lebaran Idul Fitri 1445 H, ” jelas Kasatlantas Polres Morut, Arta Dwi Kusuma, dalam press rilisnya yang masuk ke dapur redaksi, Selasa (02/04/2024).

“Jalur ini kemungkinan besar akan dilalui oleh para pemudik yang ingin mudik ke Provinsi Sulsel, dikarenakan jaraknya cukup dekat dengan perbatasan Selsel,” ujarnya.

Dari hasil pengecekan dilapangan kata dia, masih banyak ditemui beberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan, dan masih dalam tahap perbaikan oleh instansi terkait.

Ia mengatakan, pihaknya juga saat ini telah memasang papan pemberitahuan dititik-titik jalan yang mengalami kerusakan.

Kasat Arta, menambahkan, selain Beteleme – Nuha, jalan menuju Kabupaten Poso tepatnya di jalur Wawopada – Tomata, ada beberapa titik jalan yang rusak, sehingga dipasang papan pemberitahuan jalan rusak.

” Kami juga akan memasang papan pemberitahuan di lokasi rawan longsor, serta pemberitahuan di lokasi rawan laka lantas. Karena jalur ini sering terjadi kecelakaan, ” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Morut, AKBP Imam Wijayanto, SIK MH, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H.

” Pengecekan kondisi jalur mudik ini, dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat jelang mudik lebaran mendatang, dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta meminimalisir angka kecelakaan yang mungkin terjadi selama mudik lebaran. Baik itu arus mudik maupun arus balik nantinya,” tandas Kapolres Imam, usai membuka Latpraops Ketupat Tinombala – 2024. (Hms Polres/NAL)