oleh

Jelang HUT Minahasa Ke-595, Sekda Lynda Watania Pimpin Ziarah ke Makam Mantan Bupati Minahasa

Minahasa-Menjelang HUT ke-595 Kabupaten Minahasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Lynda Watania memimpin kegiatan ziarah ke makam mantan Bupati Minahasa Periode 1978-1981, Letkol B.W Lapian dan JF Lumentut periode 1973-1978, Rabu (25/10/2023), bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado.

Kegiatan ziarah yang dipimpin Sekda Minahasa diawali dengan upcara penghormatan dan hening cipta serta dilanjutkan dengan penaburan bunga di makam para mantan Bupati Minahasa.

Ditemui usai pelaksanaan ziarah di TMP Manado, kepada wartawan Sekda Minahasa menyampaikan jika kegiatan ziarah ke makam para mantan Bupati Minahasa merupakan agenda tetap setiap tahun menjelang HUT Kabupaten Minahasa, serta bermakna patriotis bagi pemerintah dan warga Minahasa.

“Kegiatan ziarah sudah menjadi agenda Pemkab Minahasa setiap menjelang HUT Kabupaten Minahasa. Kegiatan ziarah ke makam para mantan Bupati Minahasa sarat dengan makna patriotis bagi Pemerintah dan masyarakat Minahasa. Dimana, perjuangan mereka untuk membangun Kabupaten Minahasa patut dihormati dan dihargai,” ucap Sekda Watania.

Usai pelaksanaan ziarah ke TMP Kairagi, rombongan peziarah melanjutkan ziarah ke makam JP Mongula, mantan Bupati Minahasa periode 1953-1954 di Kelurahan Paniki Bawah, Manado, Drs.  H.R Ticoalu Bupati Minahasa periode 1951-1953 di Desa Kawangkoan, Minahasa Utara (Minut), JH Rumambi Pj Bupati Minahasa periode 1966 di Kelurahan Sukur Airmadidi dan Letkol H.Kaurow Bupati Minahasa periode 1970-1973.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ass. Perekonomian dan Pembangunan, Ass. Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati Bid. Kemasyarakatan dan SDM, Kepala BKPSDM, Kepala BPKAD, Kasat Pol PP, Kadis Kesehatan, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Kaban Kesbangpol, Kadis Perkim, Kadis Kominfo, Dir. RSUD Dr. Sam Ratulangi, Kadis Perpustakaan, Kadis Lingkungan Hidup, Kabag Pembangunan, Kabag PBJ, Kabag Kesra, Kabag Perkeu, Kabag Hukum, para camat se- Kakas Raya, para camat se-Tondano Raya, Camat Remboken, Camat Sonder, serta Camat Mandolang. (*/Ronny)